Beryl’s Garage | Cool Stuff for Kids

Beryl’s Garage | Cool Stuff for Kids

Jun 08, 2018 Boys Toys

Beryl’s Garage jadi salah satu produsen mainan yang membuat produk unik berbentuk replika kendaraan mini untuk anak-anak. Brand asal Lampung ini digawangi oleh dua bersaudara Amy dan Vitra.

“Sebenarnya ini bergerak dari masa kecil kita dulu yang senang mainan. Awalnya hanya bikin untuk pribadi, tapi pas kita pasang di Instagram sambutannya bagus,” terang Vitra sebagai bagian marketing dan promosi di Beryl’s Garage.

c-55.jpg

c-44.jpg

Produksi Beryl’s Garage sendiri sebenarnya berpusat di Lampung, dan dijual ke seluruh Indonesia. Model-modelnya mengacu pada kendaraan-kendaraan bergaya vintage mulai dari pedal bike (Vespa gowes), pedal bike roda tiga dan pedal car model mobil hot rod.

Meski mainan ini diperuntukkan bagi anak-anak, namun karena keunikan desainnya, tak jarang para orang tua pun ‘gemas’ ingin memilikinya. “Sebenarnya mainan seperti ini sudah ada sejak tahun 70-80-an. Kita menyebutnya art toys, mainan yang punya nilai seni. Makannya banyak para customer yang membelikan untuk anakanya padahal dia sendiri pun suka. Karena ini juga awet, ini juga jadi mainan yang bisa diwariskan,” imbuh Vitra yang memasarkannya dari Jakarta.

Untuk bahan baku, semua produk Beryl’s Garage menggunakan bahan metal yang dianggap lebih panjang umur daripada plastic. Sementara proses pengerjaan, semuanya masih manual dari tangan para pengrajin. Mekanisme mainan ini pun hanya menggunakan rantai dan pedal, tanpa ada peranti mesin. Jadi lebih minim trouble dan pastinya lebih ramah lingkungan. Ditambah lagi mainan ini cukup kuat karena bisa untuk menahan bobot hingga 80 kg.

“Karena ini kan mainan yang bisa dibilang everlasting ya, makannya kita sengaja memilih bahan metal biar panjang umur. Kalau plastik, ditabarakkin aja bisa pecah,” imbuhnya lagi. 

c-22.jpg

c-33.jpg

Sayangnya karena masih keterbatasan waktu dan pekerja, Amy baru bisa memproduksi 1 unit saja per-bulannya. Selain itu kedala juga ada pada parts roda (ban asli) yang agak sulit dicari di pasaran.

Customer pun tak perlu khawatir jika mainan ini terkena baret atau penyok karena tertabrak, karena reparasinya cukup mudah. Kalian bisa membawanya ke bengkel mobil, bengkel motor bahkan bengkel sepeda. “Nah perbaikannya juga cukup mudah. Kalau ada yang penyok, cukup dateng ke bengkel biasa. Mekaniknya pasti paham karena ngebenerinnya sama seperti kendaraan biasa dengan cara dikenteng,” sebutnya.

Beryl’s dijual ke seluruh Indonesia hingga ke beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Untuk pedal car, harganya dibanderol mulai dari Rp 3,5 juta sementara untuk Vespa atau skuter gowes roda tiga start dari Rp 2-juta. Buat customer yang menginginkan desain berbeda, bisa request model custom sesuai keinginan misalnya dengan tambahan windshield, stang chopper, atau jenis kendaraan lain. Untuk shipping pun terbilang mudah dengan pengiriman regular menggunakan box khusus, jadi tak perlu khawatir mainan akan rusak.

@berylsgarage

Teks: Wildaf | Foto: John Resa.