Kawasaki W175 | Street Tracker Bapak Presiden

Kawasaki W175 | Street Tracker Bapak Presiden

Sep 14, 2018 Custom Bike

Beberapa waktu lalu beredar foto dan kabar Presiden Joko Widodo kembali memesan motor custom. Stylenya berbeda dengan tunggangan sebelumnya bergaya Chopper. Kali ini Bapak Jokowi memilih motor custom dengan style Street Tracker yang digarap oleh Katros Garage.

Sejatinya motor basic Kawasaki W175 ini dikerjakan oleh tim Katros Garage dalam waktu yang super singkat untuk membangun sebuah motor custom. “Kita ngerjain motor ini dalam waktu 5 hari saja,” buka Andi Akbar yang akrab disapa Atenk builder Katros Garage yang bertempat di bilangan Mabad, Bintaro, Tangerang Selatan.

Ihwal Bapak Jokowi memesan motor custom sebetulnya saat menghadiri  pameran otomotif Tumplek Blek, orang nomer satu itu sempat mengunjungi booth Katros Garage untuk menengok motor milik putra sulungnya itu. Di Booth Katros Garage sudah terdisplay Royal Enfield Classic 500 custom bergaya bobber milik Gibran Rakabuming.

“Saat kunjungan ke booth Bapak Presiden sempat mengatakan 'nanti staff saya yang akan hubungi kalian. Esok harinya saya dikontak staffnya bila motor yang akan dicustom akan dikirim,” lanjut builder muda yang juga berprofesi sebagai motorvloger.

Selama progress custom berlangsung, Atenx mengatakan tidak bertemu langsung dengan Bapak Jokowi, seluruh arahannya untuk ubahan motor justru disampaikan oleh staffnya.

Mengamati ubahan detail motor Bapak Jokowi ini masih mengandalkan rangka aslinyanya, justru sektor kaki yang sudah berubah total. Seperti untuk suspensi bagian depan sudah dipasang front end model upside down milik Yamaha Xabre dan shockbreker belakang produk after market, bikin tongkrongan motor menjadi lebih gagah.

Bagian rodanya juga sudah diganti dengan profil ban yang lebih lebar membuat kaki-kaki menjadi lebih berisi. Untuk roda aplikasi ban dari produk Shinko ring 16 inchi ukuran 5.00 untuk roda bagian depan dan belakangnya.

Sesuai dengan tampilan tracker kemudi mengaplikasi setang lebar modelnya mirip setang Suzuki TS125. Oh ya, dudukan setang ikut ditambah dengan raiser yang membuat posisi berkendara menjadi lebih tegak.

Sedangkan untuk areal bodi masih mengandalkan bawaan Kawasaki W175 mulai dari tangki dan cover bodynya. Sesuai konsep street tracker spatbor depan dipasang model minimalis, sedangkan untuk buritan dibuatkan spatbor minimalis yang didesain menyatu dengan dudukan plat nomer.

Untuk pemilihan warna Atenx sempat mengajukan untuk memberi warna merah, namun ditolak karena warnanya terlalu merepresentasikan warna partai. Hingga akhirnya dipilih warna hijau dengan gradasi pada areal tangki untuk mempercantik Kawasaki W175 dengan style street tracker ini.

Identitas pemilik motor ini bisa dikenali dari peasangan detail emblem yang nempel pada beberapa bagiannya. Seperti pada bagian depan tangki kanan dan kiri bertuliskan nama Jokowi. Sedangkan di bagian atas tangki ditempel emblem identitas buildernya dari Katros Garage.

Kabarnya pengerjaan custom Kawasaki W175 ini dikebut akan digunakan oleh bapak Jokowi menghadiri salah satu agenda yang sangat penting dan menjadi sejarah buat petinggi negera negeri ini. Namun sayangnya motor custom yang sudah rampung digarap ini batal dipakai pada acara tersebut.

Saat ini motor dikembalikan ke katros Garage, kabarnya lanjut digarap oleh Atenx dengan style yang berbeda. Beruntung sebelum motor dicustom ulang Gastank Magazine dapat mengabadikan sosok tunggangan Street Tracker Jokowi ini secara utuh termasuk detailnya.  

Teks: Oleb | Foto: John Resa.