Motorcycle Cannonball 2018 | 123 Penunggang Motor Antik Turing Lintas Negara

Motorcycle Cannonball 2018 | 123 Penunggang Motor Antik Turing Lintas Negara

Sep 13, 2018 Event

Motorcycle Cannonball adalah salah satu acara terunik dan tersulit di dunia, sebab ajang ‘turing’ massal ini mempergunakan motor-motor tua sebagai tunggangannya. Acara ini dijadwalkan mulai sejak 8 September dengan rute lintas negara melintasi Amerika bagian Utara sejauh 3.400 mil dari Portland, Maine, ke Portland, Oregon, dan berakhir pada 23 September.

Menengok sedikit mengenai sejarahnya, Motorcycle Cannonball bermula pada 2009 oleh founding fathernya, Lonnie Isam Jr. yang bermimpi untuk bisa mengelilingi jalanan Amerika sejauh satu mil bersama sahabatnya dengan motor antiknya. Lonnie memotivasi para pemilik motor antik untuk menabrak stigma bahwa motor tua tak selamanya akan berakhir ke museum, tapi juga layak untuk dirawat dan dikendarai seperti masa jayanya, yaitu di jalanan.

Lonnie juga ingin memberi penghormatan kepada pionir jarak jauh, Erwin "Cannonball" Baker, dan tokoh-tokoh sejarah lainnya yang benar-benar membuka jalan di seluruh negeri pada awal 1900-an.

Sejak tahun 2010, Motorcycle Cannonball menjadi ajang dua tahunan dengan peserta para riders yang mengendarai motor di bawah tahun 1929. Bermula dari 45, 77, hingga tahun ini terdaftar ada 123 peserta, salah satunya Shinya Kimura yang akan mengendarai Indian Hedstrom 1915.

Pemberhentian pertama adalah di Keene, New Hampshire. Setelah pos pemeriksaan di Hemmings, peserta akan melakukan pemberhentian-pemberhentian selanjutnya yaitu di Binghamton, New York. Pemberhentian lain di sepanjang perjalanan tahun ini termasuk Jamestown, New York; Bowling Green, Ohio; Bourbonnais, Illinois; Anamosa, Iowa; Spirit Lake, Iowa; Pierre, Dakota Selatan; Sturgis, South Dakota; Billings, Montana; Great Falls, Montana; Kalispell, Montana; Spokane Valley, Washington; The Dales, Oregon; dan akhirnya ke Grand Finale pada 23 September di Portland, Oregon.

 Teks: Wildaf | Foto: HemmingsRidermagazine.