Pahami Cara Merawat Hingga Bikin Efek Fading Alami Buat Jeans Loe

Pahami Cara Merawat Hingga Bikin Efek Fading Alami Buat Jeans Loe

Sep 03, 2018 Fashion

Bro, lagi pakai jeans apa loe hari ini? Hehe. Jeans yang merupakan item fashion-nya anak motor ini udah jadi bagian hidup hampir sebagian orang ya. Mau riding, nongkrong, bahkan ngantor pun pakai celana jeans. 

Celana ini ditemukan oleh Levi Strauss, dan mulai dipatenkan di California, Amerika, pada tahun 1873. Kini, celana jeans atau denim yang paling asik dipasangin sama kemeja flanel ini kian berkembang jenisnya, seperti dry jeans, raw jeans, atau colored jeans. Karena sangat beragam, beda juga dong cara perawatannya. 

Nah biar celana jeans awet, ada beberapa tips nih agar jeans loe makin kece seiring bertambah usianya. 

c-16_1_8_UB121_Final06.jpg

Raw Jeans 

Pecinta denim pasti udah nggak asing lagi dengan istilah fading. Singkatnya, fading adalah perubahan warna denim atau jeans di bagian-bagian tertentu yang terjadi karena proses pemakaian. Buat pecinta denim, adanya fading merupakan seni dan kepuasan tersendiri. Bagusnya lagi, efek ini bisa makin keren jika dirawat secara baik. Nah, buat loe yang punya raw jeans, begini cara memaksimalkannya Bro.

- Cuci jeans hanya bila sudah terasa sangat kotor dan tak nyaman dikenakan. Khusus untuk Dry atau Raw Denim, tunggu sampai minimal 6 bulan pemakaian jika ingin mencuci.

- Hindari memeras jeans saat hendak menjemur. Jemur jeans dengan cara membalik bagian dalam ke bagian luar dan hindari menjemur tepat di bawah sinar matahari yang terik. Cukup diangin-anginkan aja.

- Sama seperti menjemur, pada saat menyetrika pun, balik bagian dalam ke bagian luar dan setel setrika dalam kondisi tidak terlalu panas agar tidak merusak bahan jeans dan menghilangkan fading yang sudah ada.

- Disarankan, jangan terlalu sering mencucinya karena efek fading jadi nggak maksimal. Teorinya nih, fading terjadi akibat adanya gesekan pada bagian-bagian tertentu setelah pemakaian.

Ingin menambah fading ? Gunakan jeans loe sesering mungkin Bro. Buat ke kampus, nongkrong, bahkan dibawa tidur kalau perlu. Hehe. Karena semakin sering jeans loe dibawa beraktifitas, maka akan semakin banyak gesekan natural yang selanjutnya akan membentuk fading pada jeans.

Jeans Gelap 

Jins berwarna hitam atau gelap bisa dibilang sedikit manja, karena pewarna indigo-nya lebih mudah luntur terutama saat dicuci. Tapi tenang aja, tetap ada cara kok buat merawatnya, salah satunya, dengan garam! Begini caranya:

- Campur 2 sendok makan garam dan 5 liter air dingin, lalu masukan jeans hitam dalam larutan sampai terendam semuanya dan biarkan selama 1 jam.

- Selanjutnya, balik jeans hingga bagian luar menjadi di dalam, lalu jemur dengan cara diangin-anginkan, dan hindari paparan matahari langsung untuk menghindari warna memudar. Tips ini juga berlaku buat blue jeans.

Colored Jeans 

Kalau dulu jeans identik dengan warna biru, kini banyak dijumpai jeans berbagai warna, termasuk pada jeans pria. Nah khusus untuk jeans warna, loe bisa merawatnya dengan cara berikut:

Balik bagian dalam jeans sehingga berada di luar untuk menjaga warnanya. Rendam dalam air dingin, hindari penggunaan air hangat karena bisa membuat bahan jeans menyusut.

- Selain penggunaan detergent, loe juga bisa hanya menggunakan cuka pada air rendaman untuk menjaga agar warna jeans tidak luntur.

- Selanjutnya jemur di tempat yang tidak terlalu terkena terik oleh sinar matahari.

- Untuk perawatan, sebaiknya celana jeans jangan dilipat. Lebih baik simpan dengan cara digantung menggunakan hanger agar terjaga bentuk aslinya dan tidak ada bekas lipatan.

Jeans bukanlah item yang harus selalu dicuci setiap kali selesai dipakai. Jadi lebih baik jangan keseringan mencuci celana jeans. The more older jeans, the more cool it looks. 

Teks: Wildaf, Foto: Blueowl.