BMW R100 | “SURVIVOR” LIMITED EDITION

BMW R100 | “SURVIVOR” LIMITED EDITION

Sep 21, 2021

Lord Dark Kustoms (LDK) yang merupakan custom builder berbasis di Malaga, Spanyol baru saja meluncurkan sebuah project istimewa ubahan BMW R100 custom. Nah, asyiknya LDK akan memproduksi 10 motor custom ini buat café racer enthusiast yang berminat.

Project menggarap 10 motor BMW R100 custom ini  merupakan proyek yang direncanakan Francisco Alí Manén selaku owner Lord Drake Kustoms yang berlokasi di Miami (US) dan Malaga (Spanyol).

Sayangnya, pada awal 2020 lalu sempat terganggu wabah COVID 19. Karena tidak bisa kembali  ke Amerika Serikat untuk sementara waktu, ia memutuskan untuk mengembangkan proyek di bengkel transformasi  di Málaga.

“Kami menghadirkan BMW R100 springer cafe racer “SURVIVOR” yang kami produksi terbatas 10 unit saja. Ini merupakan unit pertama yang baru saja tim LDK selesaikan,” jelas Fransisco.  

Idenya adalah untuk menciptakan sebuah karya seni di atas roda dua dan  menggarap BMW R100 kustom ubahannya yang belum pernah ditampilkan sebelumnya.

Idenya tampilan café racer yang lebih kental kesan klasiknya dengan memasang front end atau suspensi depan model konvensional spinger pada BMW R100 series. Menurut fransisco hampir tidak ada BMW R ini yang memiliki shock depan Springer!

BMW R100 cafe racer yang telah terpasang kaki depan springer ini lantas  dilengkapi dengan velg model jari-jari dan rem tromol untuk sentuhan yang lebih klasik.

Tantangan besar lainnya dan mungkin hal yang paling sulit pada pengerjaan motor cafe racer ini  membuat sistem suspensi belakangnya. Lengan ayun atau swingarm bawan motor di custom berikut subframe sehingga bisa dipasang dua buah peredam kejut di bawah jok yang sebetulnya hampir mirip posisi monoshock.

Lalu untuk areal body ubahan yang dilakukan memodifikasi tangki bahan bakar cafe racer untuk menyesuaikannya dengan sasis dan membuat instalasi kelistrikan yang simpel dan senyaman mungkin.

Sedangkan untuk jok model singgel yang sudah ditopang dengan duduk model per becak. Areal panel tombol yang terletak di bagian depan tangki bensin, dudukan plat nomor, kotak baterai, spatbor belakang dan braketnya seluruhnya seluruhnya merupakan hasil kreasi LDK.

Nah, buat detailnya areal kemudi atau setang tampilannya bersih tanpa tombol dengan tuas terbalik, Speedometer Motogadget dan panel tombol yang sangat orisinal dan benar-benar unik.

Jurus terakhir agar tampilan R100 Café Racer ini makin terlihat classic rangka di balur cat berkelir putih. Berpadu dengan warna mesin asli aluminium dengan springer yang sudah di chrome. Berpadu dengan bahan kulit asli berkelir coklat yang menempel di atas cover filter udara, lapisan bagian tangki atas, serta grip gas. 

Sedangkan untuk kelir gold dipakai untuk mewarnai areal tromol depan dan belakang, knalpot, handle, foodstep, serta serta per springer yang membuat tampilan motor ini makin berkelas. 

Rupanya BMW R100 unit pertama yang di custom oleh Lord Drake Kustoms telah menjadi milik customernya yang tinggal di Brasil. Sedangkan unit ke-2 dan 3 sedang proses pembangunan yang sudah dipesan dua customernya  di Madrid dan Dubai. Sedangkan untuk unit 4 dan 10 bisa diorder dengan pengiriman ke seluruh penjuru dunia. 

Keren…!!!

Teks: Belo Foto: LDK