CSC 2021 | Camping - Sharing  - Coacing

CSC 2021 | Camping - Sharing - Coacing

Okt 14, 2021

Perjalanan touring yang dibarengi dengan camping menjadi ativitas motoran yang menyenangan. Apalagi disaat pandemi ini, kegiatan luar ruang dengan jumlah terbatas seperti touring dan camping menjadi altenatif motorcycle enthusiast buat menghilangkan kejenuhan.

Nah, untuk touring yang dibarengi dengan aktivitas camping tentunya menuntut pemotor harus paham dulu sebelum melakukannya. Seperti pada gelaran Camping Sharing Coacing (CSC) yang berlangsung di kawasan  Ranca Cangkuang, Ciweday 9-10 Oktober 2021 lalu yang mengikuti acara ini jadi makin paham. 

Kegiatan yang digagas oleh Robinson Journey, Jurnal Jisel dan Indonesia Ride Adventure ini mendapat antusias yang sangat tinggi dari para peserta. Meski hanya dilaksanakan dalam dua hari dan satu malam kegiatan yang dilaksanakan di Ranca Cangkuang, Ciwidey ini berjalan dengan sangat meriah.

“Pada kesempatan ini, peserta tidak hanya menikmati kemping bersama tapi juga berkesempatan untuk mendapatkan cerita dan latihan teknik dasar dan menengah mengenai dual purpose.  Camping, Sharing & Coaching menjadi kegiatan para riders untuk menikmati keindahan dan kesejukan Ciwidey,” urai Jack Maulana yang mewakili Indonesia Ride Adventure.

Sejak pada siang hari, peserta mulai memasuki kawasan kegiatan di Ranca Cangkuang, Ciwidey Beberapa peserta telah datang dari siang hari, bahkan ada yang datang dari hari jumat. Para peserta tidak saja berasal dari Jabodetabek. Tapi ada juga yang rela datang jauh dari Jogja untuk mendengarkan kisah perjalanan dan mempelajari teknik berkendara dual purpose.

Lokasi kemping terletak di Gambung Jawa Barat, kawasan kemping ini kelilingi oleh perkebunan teh dan sungai yang jernih sehingga saat malam hari menawarkan udara yang cukup sejuk. Selain udara serta pemandangan yang sejuk, kontur jalan yang masih berbatu dan tanah membuat datang ke lokasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi para riders.

Selain kemping bersama, kegiatan ini juga memiliki konten lain yaitu sharing oleh dua orang para penjelajah yaitu Robinson dari Robinson Journey dan Jisel dari Jurnal Jisel. Cerita mereka bagaimana menikmati keindahan panorama alam Indonesia serta beragam kejadian yang mereka alami selama perjalanan menjadi kisah menarik yang menambah kesejukan Ranca Cangkuang di malam hari.

Tidak hanya mendengarkan kisah para penjelajah, para peserta pun turut mendapatkan pelatihan dual purpose dari pendiri Indonesia Ride Adventure, yaitu Jack Maulana yang kerap dipanggil dengan “Bang Jak”. Pada kegiatan ini, Bang Jak tidak hanya membagikan ilmunya bagi yang pertama kali belajar dual purpose, tapi juga teknik-menengah bagi para peserta yang sudah mengusai teknik dasar berkendara dual purpose.

Lokasi yang dipilih pada kegiatan kali ini ternyata menyimpan banyak cerita dari para peserta. Lokasi acara memang terletak di salah satu kawasan wisata yang sudah dikenal, namun akses yang dilalui dengan motor ternyata tidak semudah jika menggunakan roda empat.

Beberapa peserta terkesan melalui jalur-jalur dual purpose, seperti melalui jalanan bebatuan, tanah dan aspal. Ditambah, akses untuk masuk ke lokasi kemping pun bisa dikatakan belum sempurna. Jalanan batu yang tersusun di sekitar lokasi kemping menjadi cerita sendiri. Cerita-cerita ini menjadikan kenangan sendiri bagi para peserta yang hadir pada CSC kali ini.

Kemeriahan acara kali ini juga diisi dengan banyak hadiah dari para sponsor. Setidaknya ada empat games yang telah disediakan dari bermacam sponsor. Mulai dari games tarik sarung, membangun tenda, memakai apparel hingga lambat-lambatan mengendarai sepeda motor.

Hadiah yang diberikan kepada peserta beragam, mulai dari voucher makan, voucher cuci dan detailing kendaraan, bermacam apparel berkendara seperti jaket, balaclava, sarung tangan hingga tenda semua dibagikan para peserta yang menang dan berpartisipasi pada games.

Selain camping, sharing & coaching para peserta juga di minta untuk membuat video mengenai kegiatan ini. Kontes video ini berisikan tentang cerita perjalanan para peserta selama perjalanan menuju lokasi kegiatan CSC, liputan mengenai kegiatan CSC hingga perjalanan pulang.

Kontes video ini tidak hanya diharapkan bagi para peserta mendapatkan hadiahnya saja, tapi juga sorotan visual di lokasi-lokasi yang mereka singgahi selama perjalanan. Dengan adanya video ini, lokasi-lokasi yang mereka lalui dan singgahi dapat di kenal oleh banyak orang yang belum pernah mendatangi lokasi-lokasi tersebut.

Terima kasih atas dukungan dari para sponsor yang telah membantu kegiatan ini agar bisa berjalan dengan baik. Kepada Pertamina Enduro, Hunter Motorcycle, Juragan Helm, Eiger, Hatten Wines, Etuze, Contin, kawasaki, Contin Moto Jakarta, Restomax, Frankfurt Hotdog, EAZY, dan PIAA. 

Teks & Foto: Indonesia Ride Adventure