GASTANK WEST JAVA JOURNEY DAY 3 | PESISIR SELATAN JALURNYA JOSS

GASTANK WEST JAVA JOURNEY DAY 3 | PESISIR SELATAN JALURNYA JOSS

Sep 07, 2021

Hari ke-3 perjalanan Gastank West Java Journey - Riding With Friends Rabu 25/08 menelurusi jalan pesisir selatan start dari Ujung Genteng, Sukabumi menuju pantai Ranca Buaya, Garut Selatan dan finish kawasan Pengalengan, Bandung Selatan yang masuk kawasan Kabupaten Bandung. Jaraknya lumayan  untuk riding seharian yaitu sekitar 236 km  melintasi tiga  Kabupaten.

Keluar dari kawasan Ujung Genteng pada pagi hari tim langsung menelusuri jalan yang lumayan ramai lalu lintasnya, bersamaan dengan penduduk sekitar untuk beraktivitas.  Rombongan menuju kawsan  Cikaso, Surade, Tegal Buleud, Sindang Barang yang masih masuk kawasan Sukabumi.

“Beneran asik nih jalur Cikaso sampai Surade disuguhkan sama aspal yang mulus dan jalan yang sepi. Kontur jalannya juga berkelok-kelok jadi bisa  menikmati perjalanan dengan sedikit betot gas,” jelas Jodie.

Oh ya saat istirahat di sebuah warung di kawasan Cikawasan Cikaso di belakang warungnya ternyata terdapat sungai yang cukup lebar. Kita nggak nyangka sebelumnya dan langsung megarahkan motor ke tepi sungai untuk ambil foto-foto keren. Menurut informasi dari pemilik warung sungainya termasuk aktif dipakai masih dipakai untuk angkut barang dan memang ada beberapa perahu tempel yang lalu-lalang.

Jalur pesisir selatan ini asiknya kanan dan kiri masih dipenuhi pohon besar dan perkebunan karet, jadi saat melintas tidak terlalu panas. Setelah masuk daerah Cidaun yang sudah masuk kawasan Cianjur barulah panas terik mulai terasa karena jalannya sudah berada di bibir pantai.

Nah, sebelum masuk kawasan Pantai Ujung genting kami melewati jembatan Cilaki yang sudah masuk wilayah Garut Selatan. Disini tim singgah dan istirahat sejenak sekaligus ambil beberapa spot foto dan video.

“Oh iya pas disini gue iseng banget mampir ke rumah warga yang kebetulan sedang hajatan, gue sempet kondangan dan beri salam ke pengantinnya. Mendadak heboh itu acara, hehehehe,” kekeh Ferry Maryadi dalam perjalanan kerap ngobrol akrab dengan warga sekitar yang ditemuinya.

Sekitar 15 menit perjalanan kita sudah sampai di lokasi kawasan wisata Ranca Buaya  untuk istirahat sekaligus santap makan siang.

Karena memang kejar waktu sampai di kawasan Pengelengan, Bandung Selatan tidak sampai gelap makanya selesai makan siang tim lansung bergegas melanjutkan perjalanan. Menelusuri pantai Ranca Buaya lalu menuju kawasan Puncak Guha dengan pemandangan tebih tinggi yang langsung mengarah ke laut lepas.

“Lokasi ini jadi salah satu andalan pengunjung yang masuk kawasan pantai Ranca Buaya, bila rumputnya hijau hasil fotonya jadi lebih asyik seperti terlihat hamparan savanna di bibir pantai. Sayang saat kita dilokasi kondsi rumput kecoklatan lantasan masih musim panas,” jelas Didi Fauzi.

Dari pesisir pantau untuk menuju Pengalengan tim langsung mendaki wilayah jalur pegunugan di kawasan Cisewu. Kawasan ini sempat viral foto patung macan yang tersenyum, kami sempat lewati Kantor Kodim Cisewu tempat patung macan ‘lucu’ tersebut tetapi sudah diganti dengan patung baru yang lebih sangar, hehehehe. 

Tim masih masih melintasi jalur menanjak dan berkelok-kelok, saat memasuki kawasan Talegong yang masih wilayah Garut Selatan langsung dihadang dengan turunnya kabut yang cukup tebal sepanjang perjalanan. Menurut informasi karena wilayah tersebut masuk dataran tinggi saat pagi dan jelang sore hari kerap diselimuti kabut.

Setelah melintas di Talegong robongan langsung disuguhi pemandangan keren hamparan kebun teh yang artinya sudah memasuki wilayah Pengalengan, Bandung. Suhu yang cukup dingin membuat tim sedikit mengendurkan putaran gasnya sambil menikmati kontur jalan yang berkelok.

“Nggak berapa lama melewati perkebunan teh dan danau situpatenggang akhirnya kita di penginapan wilayah Pengalengan tak ssebelum matahari terbenam,” tutup Herry Axl yang sangat menikmati perjalanan hari ke dua ini karena kontur jalan yang dilewati sangat komplit.

Nah, cerita seru perjalalanan hari ke-4 tunggu postingan berikutnya ya…