Harley-Davidson FL1200 |  Pilih Girbox Borobudur

Harley-Davidson FL1200 | Pilih Girbox Borobudur

Sep 15, 2021

Generasi mesin Shovel head di gadang-gadang sebagai mesin yang cukup istimewa dan banyak diburu. Sebagai generasi terakhir Ironhead sebelum masuk era mesin modern ke generasi H-D evolution yang sudah mengandalkan material full aluminium.

Shovel Head sendiri diproduksi antara 1966-1984 dan merupakan mesin generasi penerus Panhead. Nah, salah satu yang kepincut mesin generasi Shovel Head  Gamma Pahala, yang sudah merangkai tampilan motornya bergaya traditional chopper.

Mengandalkan mesin generasi FL1200 Shovelhead ini merupakan motor tipe touring Electra Glide yang sudah dilengkapi dengan suspensi depan telescopic dan frame model lengan ayun yang ditopang sepasang shockbreker belakang. Sedangkan bawan gearbox aslinya sudah dilengkapi electric starter.

Motor dengan mesin FL1200 Shovelhead ini dikerjakan hasil kolaborasi dua bengkel. “Untuk setup body dan frame dikerjakan oleh Retrogrades Slaughterhouse sedangkan buat pengerjakan rstorasi mesin diserahkan ke bengkel Rustoration yang keduanya ada di Bandung,” buka Gemma Pahala.

Style traditional chopper sangat kental dilihat dari pemilihan frame hard tail yang desainnya diambil dari H-D era tahun 1950-an.  Model frame ini biasanya digunakan pada generasi mesin sebelumnya macam Knuckle Head atau Pan head. 

Meskipun berbeda generasi mesinnya untuk model mesin Harley-Davidson bigtwin di sampai generasi shovelhead bisa saling tukar. Makanya saat dipasang dudukan bottom mesin masih sama.

Sedangkan untuk pemilihan girbox dipilih model kickstarter 4 speed, girbox yang biasanya disebut model Borobudur ini memang belum dilengkapi electric starter. Disebut Borobudur karena bagian atas girbox modelnya mirip stupa candi Borobudur, unik ya..!

Lantas untuk tangki dipilih bentuknya minimalis yang dikerjakan langsung oleh Didot builder Retrogrades Slaughterhouse termasuk fender, sisy bar, tangki oli, foot control, dan lainnya.

“Kalo untuk bagian roda depan gue pilih pakai model shock telescopic copotan dari H-D biar ada nyaman-nyamannya sedikit, sedangkan setangnya model Z bar ,” lanjut  Gemma.

Nah, terakhir untuk kelir motor bermain di warna hitam dan chrome pada bagian detail bodi serta mesinnya. Nggak ketinggalan Gamma menambahkan detail motif api pada bagian tangki yang sudah di chrome.

Oh, iya sesai pemotretan motor ini dilakukan oleh fotografer Gastank Magazine Jordn Hikal yang saat itu sedang ikutan touring bersama Gemma ke Tanjung Lesung wilayah Banten.

Teks : Belo Foto: Jordan Haikal

DATA CUSTOM BIKE

Nama Pemilik   : Gemma Pahala

Builder   :  Retrtogrades Slaughterhouse X Rustoration

MOTOR

Basic motor :  HD-FL1200

Gearbox : 4 Speed Kickstart

Pengapian   :  Original.

BODY

Tangki : Hand Made

Fender : Hand Made

Jok : Hand Made

Oil Tank / TolBox : Hand Made

Setang : Hand Made

FRAME

Rangka : After Market

Lengan Ayun     : Hardtail

Kaki-Kaki

Suspensi Depan : HD-XL

Suspensi Belakang : Hardtail

Ban Depan   : Firestone max rib 21”

Ban Belakang : Firestone Champion Deluxe 16”

Velg Depan : Genuine 21”

Velg Belakang   : Genuine 16”

Rem depan : brake less

Rem belakang : Disc Brake

AKSESORIES

Head Lamp : Wipac Vintage lamp

Stop Lamp : Motone

Filter karburator : After market

Karburator : S&S Super E

Knalpot : Hand Made

(Hand Made by Retrogrades Slaughterhouse)