HONDA BEAT 2008 | BMX ‘MATIC’ CUY

HONDA BEAT 2008 | BMX ‘MATIC’ CUY

Jul 22, 2021

Kalau biasanya Enggal Modified menggarap BMX Cub dengan  mengandalkan copotan dari mesin motor-motor bebek, kali ini sang buildernya Enggal tertantang untuk membuat BMX ‘motor’ yang berbeda.

“Kali ini saya ingin menampilkan BMX motor yang tidak biasanya saya buat, dengan mengandalkan mesin motor matik. Tentu dengan sedikit eksperimen dan beberapa penyesuaian agar motor tetap nyaman dikendalikan,” jelas builder muda yang punya nama lengkap Enggal Purnaprahara. 

Kebutulan motor BMX Matic yang digarap ini pesanan dari customernya yang berasal dari Jakarta. Menggandalkan mesin Honda Beat lansiran 2018, praktis yang pakai hanya bagian mesin lengkap dengan areal CVT nya dengan pengapian dan box filter.

Untuk frame secara keseluruhan asih mengadopsi dari BMX Cub garapan Enggal Modified yang telah teruji. Hanya saja kalo areal lengan ayun disesuaikan agar bisa jadi dudukan untuk mesin Honda Beat yang akan dipakai ini.

“Saya buatkan dudukan baru untuk mesin Honda Vario ini pada bagian belakang frame utama yang juga berfungsi sebagai arm. Posisi lengan ayun ini ada disebelah kanan dibuat dengan pipa tubular. Pada bagian ini juga dibuatkan dudukan untuk suspensi belakang model tunggal,” urai Enggal.

Nah, biar posisi mesin terlihat rapih pada bagian tengah frame oleh Enggal disiasati dengan membuat cover engine. Jadi terlihat menutup areal silinder headnya, sekilas mirip sepeti motor listrik pada sepeda listrik E-MTB.

Buat kaki-kaki mengadalkan suspensi depan model upside down produk aftermarket, buat suspense belakang pakai model monoshock tabung lengkap dengan pengatur setelan reboundnya.

Sepasang penopang kaki-kaki ini bersanding dengan kedua roda dual purpose. Menagndalkan velg rim 14 ini lebar 1.85 sedangkan ban pakai ukuran yang sama untuk depan dan belakang yaitu IRC GP5 100/80-14 inchi.

Sisanya kelengkapan layaknya sepeda juga dipasang, seperti setang BMX yang sudah di custom lalu jok single yang memang biasa dipakai untuk sepeda. Sitem pengereman seluruhnya mengandalkan produk aftermarket.

Nah, yang bikin penasaran dari warna motor pada kelirnya, padu padan biru merah dan abu-abu.  Pada areal fremanya, juga ada brand alat berat Komatsu. “Kebetulan owner motor ini salah satu vendor alat berat jadi warna yang dipilh identik dengan brand alat berat tersebut,” tutup Enggal yang garangenya berlokasi di Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Teks: Belo: Foto: Enggal Modified

DATA SPESIFIKASI

Nama Pemilik   : ACHIANG

Builder   :  ENGGAL MODIFIED

MOTOR

Basic motor : Honda Beat 2008

Gearbox : matic

Pengapian   : standar

BODY

Tangki : Custom in frame

Jok : BMX

Setang : BMX custom

FRAME

Rangka : Custom

Lengan Ayun     : Kanan tambahan model tubular

Kaki-Kaki

Suspensi Depan : RT Stage Thailand

Suspensi Belakang : monoshock tabung doble click

Ban Depan   : IRC GP5 100/80-14 inc

Ban Belakang : IRC GP5 100/80-14 inc

Velg Depan : Champ 185-14 inc

Velg Belakang   : Champ 185-14 inc

Rem depan : RCB

Rem belakang : RCB

AKSESORIES

Head Lamp : Led 3 titik

Filter karburator : Standar

Karburator : Standar

Knalpot : Capsul custom