Jawa Motorcycle Reborn, Hadirkan 3 Varian

Jawa Motorcycle Reborn, Hadirkan 3 Varian

Nov 16, 2018 New Bike

Pabrikan lawas, Jawa Motorcycle siap kembali berkiprah. Setelah vakum lama yakni sekitar 22 tahun, kini pada 2018, brand asal Czechoslovakia ini meluncurkan produk barunya yaitu Jawa 42 berkapasitas mesin 300 cc untuk pasar India.

Brand ini pertama kali diperkenalkan di India pada akhir tahun 1950-an. Model sebelumnya digunakan untuk diproduksi di Ceko menggunakan emblem 'CZ' Jawa di tangki bahan bakarnya, sementara motor yang diproduksi di India memakai huruf 'O' pada lambangnya. 

c-Jawa-42-Price-Engine-Specs-Features-Bo

Untuk produk terbaru ini, ada tiga model yang dipasarkan, yaitu Jawa, Jawa 42 dan Jawa Perak. Nama Jawa yang diusung kembali ini, untuk memberi penghormatan kepada motor Jawa pertama, yang disebut Jawa juga. Sementara dua motor Jawa lainnya yaitu Jawa 42 dan yang Jawa Perak.

c-New-Jawa-Engine-For-India-Revealed-1-6

Motor bergaya retro cruiser ini dibekali mesin 293 cc satu silinder, berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga 27 bhp dan torsi 28 Nm. Ia dibekali gearbox 6-percepatan, dan pada mesinnya dipasangkan catalytic convertor yang ke depannya mengikuti aturan standar emisi. 

Motor ini menggunakan garpu teleskopik di depan dan peredam kejut kembar bermuatan gas di bagian belakang, serta wheelbase 1,369 mm dengan kapasitas tangki bahan bakar 14 liter. Jawa 300 juga dibekali rem cakram 280 mm di depan dan rem teromol 153 mm di sisi belakang. Bobotnya 170 kilogram, merupakan salah satu yang terendah di kelasnya.  

c-Jawa-42-Price-Engine-Specs-Features-Bo

Untuk tampilannya, Jawa mengajak penggunanya untuk bernostalgia dengan motor era 70-80-an. Well motor ini memang didesain sangat identik dengan model aslinya, namun dengan hasil yang lebih baik, lebih powerful serta jarak jarak jok ke tanah yanglebih rendah. Gaya klasiknya muncul dari headlamp bundar, spatbor, dan model tangkinya yang bulat. Detail seperti pelindung rantai, serta joknya pun menambah kesan lawas pada motor ini. 

c-jawaa.png

Jawa memiliki 3 pilihan warna, yaitu Black, Gray dan Maroon, sedangkan Jawa 42 tersedia dalam enam warna; Halley 'Teal, Galactic Green, Starlight Blue Lumos Lime, Nebula Blue dan Comet Red. Sementara Jawa Perak merupakan motor kustom bawaan pabrikan yang akan diluncurkan di India beberapa waktu ke depan. Motor ini digadang akan menjadi saingan Royal Enfield Classic 350 in dibanderol harga mulai Rs 1,64 lakh atau sekitar Rp 33 juta. 

Teks: Wildaf, Foto: GaadiwaadiAuto.ndtv.