On Any Sunday | Gaya Balap Sesuai Zamannya

On Any Sunday | Gaya Balap Sesuai Zamannya

Jun 21, 2021

On Any Sunday merupakan sebuah film dokumenter Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1971 bercerita tentang balap sepeda motor, garapan Bruce Brown. Salah satunya menggambakan balap motor trail yang saat itu sedang marak.

Dari film dokumenter On Any Sunday inilah banyak menginspirasi para penggemar trail lawas di tanah air untuk merestori motor-motor garuk tanah yang jadi andalan pada era tahun 1970-an.

Tidak hanya sebatas restorasi motornya saja, mulai dari fashion sampai style berkendara dengan jersey atau baju balap di zamannya juga ikut dikoleksi. Tentu harus rela berburu seperti halnya kebutuhan spare part yang digunakan pada motornya.

Seperti yang baru saja dilakukan teman-teman dari classic trail enthusiast dari beberapa komunitas mulai dari VMX Indonesia dan VEJR (Vintage Enduro Jakarta Raya) yang bikin acara terbatas On Any Sunday di sirkuit Icon BSD, Tangerang Selatan, pada 20 Juni 2021 lalu.

“Kita kumpulin temen-temen pemilik motor trail lawas untuk main bareng sekaligus silahturahmi di sirkuit Icon BSD. Kita gelar fun race buat senang-senang dan bikin foto-foto keren aja,” jelas Ronny dari Komunitas Vintage Enduro Jakarta Raya.

Motor-motor trail klasik yang hadir beragam dan tentunya hampir jarang banget dilihat berkeliaran di ajalan. Ada Honda XR250R, Honda CR125R Elsinore, Honda CRM250, YAmaha DT250, Honda CR250, Honda XL125, Suzuki TS125, Honda XL200R Paris Dakar, sampai Honda CR250

“Motor-motor trail yang kita kumpulin ini tahun pembuatan dari tahun 70’an sampai 90’an awal,  gak cuma disayang tetapi memang dipakai juga ngegas untuk menikmatinya,”  timpal Wandy dari Warung Trail Tua yang menyediakan berbagai perlengkapan dan part trail classic.

Nah, yang bikin seru teman-teman yang ikutan On Any Sunday ini mengenakan pakaian balap sesuai dengan style di zamannya.  Beberapa juga lengkap dengan boots dan helm lawas koleksinya macam Alpinestar, Bell, dan beragam brand lainnya.

Buat para pecinta trail lawas bisa jadi reverensi nih..! 

Teks: Belo Foto: Reva