Vance & Hines Luncurkan V-Twin Untuk Balap Motor NHRA

Vance & Hines Luncurkan V-Twin Untuk Balap Motor NHRA

Mei 21, 2021

Salah satu produsen performance part asal Amerika Vance & Hines membuat trobosan dengan merancang mesin khusus balap. Telah mengumumkan peluncuran mesin V-twin 160 kubik baru untuk digunakan di balap motor NHRA Pro Stock drag racing.

Mesin ini dirancang khusus untuk digunakan dengan bodywork Buell 1190 RX yang disetujui NHRA. Ini adalah pertama kalinya Vance & Hines merancang mesin untuk digunakan untuk motor Harley-Davidson Buell.

Mesin dengan kode VH160VT dikembangkan di pusat priset pabrikan yang  berlokasi di Brownsburg, Indiana. Konfigurasi mesin model V-twin 60 derajat dengan katup pushrod-driven yang mampu digeber sampai lebih dari 10,000 rpm.

Kabar baiknya, mesin ini telah disetujui oleh NHRA dan akan ditawarkan kepada tim yang berpartisipasi dalam balap Motor NHRA Pro Stock. “Ini adalah perpanjangan alami dari keterlibatan perusahaan kami dalam balap drag motor," kata Mike Kennedy, presiden Vance & Hines.

Mesin ini akan dijual sebagai mesin atau komponen yang lengkap, mesin  dapat dipesan melalui Vance & Hines RDC juga. Beberapa tim diharapkan untuk membeli kit builder, yang memungkinkan tim balap untuk memanfaatkan teknologi Vance & Hines yang terbukti diberbagai ajang balap.

Terry Vance dan Byron Hines menjadi legenda di NHRA dengan sejarah kemenangan mereka. Selama 40 tahun terakhir, Vance & Hanes terus mendukung tim dengan menyediakan kendaraan, mesin, dan komponen yang bagus.

Sebelumnya Vance & Hines meluncurkan mesin balap berbasis Suzuki empat katup awal tahun ini, yang dapat digunakan di beberapa kelas balap drag. Dalam acara pertamanya di balapan NHRA Gatornationals di Florida, Vance & Hines rider Angelle Sampey mencapai 200 mph dalam run keduanya dan merupakan kualifikasi PSM #1 di acara tersebut.

Kabar pastinya, mesin VH160VT akan tersedia mulai 1 Juni 2021 melalui Pusat Pengembangan Balap Vance & Hines. 

Teks: Belo Foto: Vance & Hines