VOLKSPOD MADE IN BANDUNG

VOLKSPOD MADE IN BANDUNG

Mei 19, 2021

Menarik memang melihat tampilan Volkspod ini, sosok minibike yang seluruh bodinya mengandalkan fender atau spakbor milik  VW Beetle. Pertama kali beredar foto minibike unik ini di sosial media sekitar 2019 lalu merupakan garapan Brent Walker dari Indiana, Amerika Serikat.

Nah, karena tampilannya unik dan menggoda akhirnya membuat salah satu pecinta VW di tanah air Marza asal Bandung tergerak untuk memproduksi replika minibike Volkspod ini. Diliput langsung oleh tim Motoran Tugeder yang diwakili oleh Nanang Baso dan M. Raka. Motoran Tugeder merupakan colective motorcycle yang membernya merupakan wartawan dan fotografer senior. 

“Awal membuat minibike spakbor VW Beetle setelah lihat di sosmed, internet & youtube ada yang buat di Amrik sekitar Agustus 2019 yang diberi nama Volkspod. Kebetulan saya ada workshop kecil dan eksperimen sendiri untuk membuatnya,” urai Marza.

Nah, Volkspod minibike yang dibuat oleh Marza ini spesial karena basicnya dari spakbor model VW Beetle tahun 1958. Biar bobotnya lebih ringan tidak mengandalkan fender aslinya yang dari pelat besi tetapi dicetak menggunakan fiberglass.

Lalu untuk detail kelengkapan lainnya seperti lampu depan atau headlight, lampu sein depan, lampu stop belakang semua menggunakan spek untuk Beetle tahun 1958 juga.

“Untuk detail partnya biar spesial saya pakai part bawaan aslinya Bettle 1958 yang cukup sulit dicari balah harus import dank beberapa harganya cukup mahal, footstep &  jok juga masih import,” lanut Marza.

Jadi kalo memang pemerhati Beetle bakal paham part yang dipakai dari model varian yang sama. Apalagi untuk penggemar VW yang fanatik, lebih menyukai penggunaan parts yang sesuai degan spek orisinalnya sehinga Volkspod yang dibuat Marza bisa dijadikan barang koleksi.

Ada 5 model mesin Volkspod minibike yang sudah diproduksinya, namun hanya 3 yang akan dipasarkan karen yang 2 lainnya parts cukup sulit dan tenaga mesin juga kurang mumpuni.  Semua menggunakan lampu-lampu, klakson, electric starter yang berfungsi normal.

Untuk harga diawarkan mulai Rp 18 juta – Rp 25 jutaan dengan spesifikasi yang berbeda. Nah, buat detail Volkspod termasuk pilihan mesinnya bakal kita ulas di Gastank Digital Magazine Issue 42.

Marza

Jl Lembah Hijau no 90 E, Gerlong Permai. Bandung.

Telp: 0811221112

Teks : Belo Foto: M. Raka