AMB 001 | Maha Karya Aston Martin dan Brough Superior

AMB 001 | Maha Karya Aston Martin dan Brough Superior

Jan 30, 2020

AMB 001 | Mahakarya Aston Martin dan Brough Superior

Kebanyang kalo dua pabrikan premium ternama motor dan mobil berkolaborasi bikin motor pasti hasilnya cadas banget. Sepertin sosok AMB 001 motor sport dengan style Neo Café racer hasil kolaborasi pertama antara Aston Martin dan Brough Superior.

Dua merek otomotif paling terkenal di Inggris telah bersatu untuk menghasilkan apa yang ditetapkan sebagai motor paling eksotis, mahal, dan paling langka yang akan diluncurkan di tahun 2020.

Karena limited edition sudah tentu diproduksinya juga terbatas. Hanya 100 unit saja yang akan diluncurkan. Kabarnya motor yang mengusung mesin model V-twin 88 ° berkapasitas 997cc yang mampu menghasilkan tenaga puncak 180bhp ini akan dibaderol dengan harga yang € 108.000 berkisar Rp 1,7 miliar.

Sektor turbocharger yang ditanam ini didesain dengan 'geometri variabel'. Jadi baling-baling di dalam keongnya disesuikan dengan putaran mesin, sehaingga menghasilkan tenaga yang maksimal. Selain itu sudah diengkapi dengan intercooler untuk menjaga suhu pada mesin tetap ideal yang mempengaruhi powernya.

Bahkan ada juga dukungan 8-Valve, 88-dergree, dan Water and Oil cooled. Dengan demikian, AMB 001 bisa dikendarai dalam waktu lama dengan tenaga besar tanpa perlu takut akan overheat.

Seperti pada motor Broughn Superior lainnya, AMB 001 sudah dilengkapi dengan rangka utama dengan bahan titanium, bersanding dengan subframe dari bahan serat carbon yang membuat bobotnya super ringan. Untuk seluruh bodinya juga mengandalkan material carbon. 

Desain pada areal bagian atas tangki, dan areal dashboard terinspirasi dari gaya hypercar Aston Martin Valkyrie. Nah, yang paling menarik logo bersaya Aston Martin yang legendaris ini rupanya bukan sticker. Melainkan material stainless steel yang ketebalannya hanya Sembilan micron.

Desain yang ditunjukkan AMB 001 terkesan gahar dan sporty. Motor sport ini mengusung warna balap khas Aston Martin, yakni Stirling Green dan Lime Essence.

Ada juga warna hitam yang bisa ditemukan pada bagian rodanya. Sektor ini juga dilengkapi dengan garpu dan rem rakitan.

Tak hanya itu, motor AMB 001 juga mengedepankan konsep desain aerodinamis. Hal ini bisa dilihat di bagian depan front-end motor yang memang terlihat melengkung.

Sosok AMB 001 ini akan tampil perdana pada ajang London Motorcycle Show yang akan berlangsung 14-15 Februari. Sedangkan bagi yang sudah memesan pengiriman unit AMB 001 pertama akan dimulai akhir 2020 mendatang.

Teks: Oleb Foto: Istimewa