Analog Motorcycles | Honda XR650L Flat Track Tribute to Nicky Hayden

Analog Motorcycles | Honda XR650L Flat Track Tribute to Nicky Hayden

Jan 23, 2019 Custom Bike

Nicky Hayden memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta balap. Untuk memperingatinya, Museum Hall of Fame menunjuk Chicago's Analog Motorcycles membangun dua motor untuk mengabadikan kiprah The Kentucky Kid.

Motor pertama yakni Honda CBR1000RR yang dibalut dengan livery MotoGP Repsol sumbangan dari Honda America. Sedangkan motor kedua yakni motor trail Honda XR650L yang dikustom menjadi flat track, yang diserahkan sepenuhnya pada Tony Prust, bos Analog Motorcycles yang berbasis di Chicago, AS.

Pemilihan flat track sendiri mengambil latar belakang Nicky Hayden. Meski lebih dikenal karena menjadi juara dunia MotoGP 2006, namun Nicky Hayden memulai kariernya di dunia garuk tanah mulai dari motocross hingga flat track.

“Saya memilih membangun flat track karena di situlah akar Nicky. Saya juga ingin mengingat warisan balap Amerikanya, jadi saya mengambil livery Kejuaraan RC51 AMA 2002,” kata Tony Prust.

Sebelum membangunnya, Tony sempat memilih beberapa donor motor. AMA sendiri menginginkan motor tersebut legal. Beberapa kandidat di antaranya CRF250L, XR650L, CRF450L. “Sepertinya 450 seru, namun XR650 air-cooled paling cocok” imbuhnya.

Langkah pertama untuk flat track dari mengubah sasis, subframe dimodifikasi agar dapat mengakomodasi potongan ekor flat track. Kaki-kaki standar diganti copotan punya motor lain, dengan fork depan KTM 690 Enduro, dan suspensi belakang Hyperpro. Sementara velg dari SUun 19 inci dengan ban Dunlop DT3.

Tangkinya dibuat dari fiberglass yang inspirasinya dari tangki klasik ikon flat track Harley-Davidson XR750, serta bagian ekor ditambah plat nomor khusus.

Meski nantinya hanya untuk dipajang, Tony menginginkan upgrade terbaik bahkan hingga sisi engine. Mesin diupgrade menggunakan Keihin FCR41, filter K&N, konversi kopling hidrolik Magura, serta header knalpot dilapisi keramik dan muffler dari Cone Engineering. Motor ini juga telah dipasangi unit Motogadget.

Sementara Jason dari Artistimo Customs menghandle bagian finishing dengan mengadaptasi livery AMA Championship RC51 2002 pada body XR650L. Beberapa parts lainnya telah dilapis powder coating.

“Kami merasa sangat terhormat diminta menggarap motor ini, untuk seorang pembalap dan manusia yang luar biasa,” pungkas Tony.

Teks: Wildaf, Foto: Bikeexif.