BMW Rilis R nineT /5 Edisi 50th Anniversary

BMW Rilis R nineT /5 Edisi 50th Anniversary

Jul 16, 2019 New Bike

Menandai 50 tahun anniversary /5 Series serta 50 tahun produksi BMW Motorrad di Berlin, pabrikan asal Jerman ini meluncurkan BMW R nineT /5 terbaru.

BMW R nineT /5 merupakan model eksklusif yang didesain dengan sentuhan retro era 60s - 70s yang ‘dikemas’ kembali ke basis modern platform R nineT yang kontemporer. 

Motor ini memiliki mesin boxer modern dua silinder 1.170 cc longitudinal yang familiar dan air cooled. Mesin boxernya difinishing dengan aluminium silver yang menghasilkan efek kontras  dengan framenya yang berwarna hitam.

BMW R nineT /5 juga dibekali velg jari, bantalan lutut dan pelindung fork. Secara desain ia memadukan gaya old school, finishing yang keren dengan elemen modern. Misalnya fork teleskopik 43mm klasik, rem cakram 320mm ganda dengan kaliper rem empat piston serta ABS. Headlamp bergaya klasiknya juga dibuat besar dengan casing baja

Edisi khusus ini memiliki detail seperti knee pad bergaya kontemporer, finishing Lupine Blue metallic dengan efek smoke yang keren, double stripe pada tangki, serta pemberian emblem anniversary sebagai penanda.

Mesin twin boxer 1.170cc nya diklaim memberikan power sebesar 110 hp. Sementara frame tubular baja dalam struktur modular, terdiri dari tiga komponen: bagian utama depan, bagian belakang dan ujung yang terintegrasi, serta kerangka penumpang.

Sedikit catatan, saat seri /5 discontinued pada tahun 1973, BMW telah memproduksi sebanyak 68.956 motor di Berlin. Itu juga merupakan tahun yang sama perusahaan tersebut merayakan "50 tahun BMW Motorrad" dengan pembuatan sepeda motor BMW ke-500.000.

BMW Motorrad sendiri memindahkan operasi motornya ke Berlin pada tahun 1969, yang juga menandai dimulainya seri motor baru untuk BMW, dan model /5 yaitu; R 50/5, R 60/5, dan R 75/5 yang langgeng hingga sekarang. Sayangnya untuk model baru ini, belum ada kabar tentang detail model negara, ketersediaan atau harganya. Tunggu saja!

Teks: Wildaf, Foto: BMW Motorrad.