Borile B500 Ricki  | A Work of Art

Borile B500 Ricki | A Work of Art

Jan 07, 2019 Classic Bike

Borile, perusahaan motor dan sepeda asal Italy yang berdiri sejak tahun 1988 selalu membuat kendaraan bergaya retro-modern. Secara teknis, produk-produknya mengusung teknologi baru. Namun stylenya yang sangat dipengaruhi gaya retro awal abad ke-21 membuat brand dengan Founder Umberto Borile ini lebih khas dengan tampilannya yang estetis.

Awalnya, produk-produk Boriles hanya dibuat secara handmade dan limited, tetapi model selanjutnya diproduksi secara massal. Salah satu motor unggulan dari Umberto Borile adalah B500 Ricki. Motor handmade ini dikerjakan secara eksklusif, dan hanya dibuat sebanyak 20 unit.

B500 Ricki menggunakan mesin GM 500 yang telah diperbaharui. Mesin ini awalnya digunakan untuk balap, ditenagai dengan karburator klasik 36 mm, gearbox Norton 4-speed terpisah, kopling kering dan transmisi serta belt bergigi.

Sisi estetika tampil dari banyak paernya. Mislanya tangki berbahan plat aluminium, frame tubular, swingarm dari Carpental alloy 7020, dengan menggunakan pengelasan TIG berkualitas tinggi. Beberapa part lain yang dicreate senada adalah kunci kopling, cover srankcase, hub roda dan komponen lainnya. Karenanya motor ini diperuntukkan buat para kolektor.

Teks: Wildaf, Foto: Borile.