Café Racer SSpirit | Heaven of Classic Café Racer

Café Racer SSpirit | Heaven of Classic Café Racer

Sep 23, 2018 Garage Visit

Spanyol bukan hanya dikenal dengan keindahan kotanya, namun juga tangan dingin para buildernya. Menyusuri Pyrenees barat menuju San Sebastian, kawasan ini dikenal sebagai tempat yang sangat asik untuk memacu kendaraan bermotor. Daerah pengunungan yang memberi akses ke laut, dengan langit biru dari pantai La Concha.

Di seberang jalan, terdapat Café Racer SSpirit ( CRSS - SS untuk singkatan San Sebastian) yang digawangi oleh Juan Carlos López, Hugo López dan Juan Pablo Santinelli yang didirikan sejak tahun 2014. CRSS merupakan custom motorcycle shop yang menspesialisasikan diri untuk café racer classik.

Tahun lalu, Cafe Racer SSpirit adalah salah satu dari 7 workshop yang terpilih untuk membangun motor dalam program Yamaha Yard Built. Karya mereka adalah Café Racer SSpirit XS700-R yang hadir perdana di ajang Wheels and Waves 2017 dengan gaya old school, dan sedikit mirip dengan Bol D’or racer tanpa fairing.

Untuk café racer enthusiast, CSRR bisa jadi adalah ‘surga’. Di sini bisa ditemukan café racer bergaya classic-vintage dengan penampilan cantik dan sehat. Pada sudut workhop ini, terdisplay motor-motor café keluaran tahun 1960-an, '70, dan '80-an berbaris dalam kondisi tak bernoda. Bahkan, Japauto Honda CB750 yang langka pun ada di sini. Motor bermesin 1000 cc tersebut memiliki serial number 25 dari 73 unit di dunia.

Di belakang coffee table, terdapat motor-motor mix keluaran Eropa dan Jepang mulai dari Honda VFR 750, RC30 No. 87, deretan Triumph Bonnevilles klasik, Tiger Cub T20, 350cc, T90, 650cc, T100, T140 dan 750cc. Terdapat juga line up dari beberapa motor Jepang era 80-an seperti Honda CX500 Turbo, replika Dick Mann’s Daytona-winning, Honda CR750, hingga varian langka Suzuki Katana yang hanya dijual di Inggris dan Italy.

Lantai satu ini menampilkan lebih dari 100 sepeda motor, dengan latar belakang deretan tangki serta helm-helm yang bisa dibawa pulang oleh customer.

Well daerah tersebut ini memang merupakan tempat yang sempurna untuk riding di musim panas Eropa, tapi Cafe Racer SSpirit dengan koleksi motor-motor klasiknya, merupakan workshop yang wajib dikunjungi buat para custom geek bila bertandang ke San Sebastian.

Teks: Wildaf | Foto: Bhuvan Chowdhary via The Vintagent.