Cerita Jaket Rawtype Riot yang Tembus Hingga Rp 21 Juta

Cerita Jaket Rawtype Riot yang Tembus Hingga Rp 21 Juta

Mar 07, 2019 Fashion

Postingan Decky Sastra di akun Instagram miliknya soal jaket Rawtype Riot yang tembus dengan harga Rp 21 juta lumayan bikin heboh dunia perkasteman Tanah Air. Wajar sih, karena harga tersebut terbilang cukup fantastis untuk sebuah produk lokal.

Kami yang penasaran dengan ceritanya pun langsung mengontak juragannya. Decky menuturkan jika dirinya juga tak menyangka kalau jaketnya akan tembus sampai lebih dari angka 20 juta.

F.Y.I., jaket yang sedang dibicarakan adalah jaket varsity Rawtype Riot tipe Legendary yang dirilis pada Februari 2018 lalu dan diproduksi terbatas hanya 45 pieces dengan nomor seri. Saat rilisnya, jaket yang dijual seharga Rp 1,3 juta ini sudah sold out dalam waktu satu hari setengah setelah launching. Tanpa sepengetahuan Decky, ternyata salah satu dari sekian pembelinya adalah Gibran Rakabuming sang putra Presiden.

“Nah seminggu lalu, gue dapet ‘bom’ gitu, banyak yang nanya ‘jaket Jokowi’ ini. Padahal jaket ini juga bukan didedikasikan untuk beliau. Kita bilang ini barang lama dan tidak diproduksi lagi. Ternyata.. beberapa waktu lalu Presiden Jokowi pakai jaket itu di beberapa kegiatannya. Mungkin dari situ jadi mencuri perhatian kembali dan rame di sosial media,” buka Decky bercerita lewat sambungan telepon.

“Beberapa netizen komen di sosmed agar tidak repeat karena ngantrinya susah. Gue juga nggak berencana buat priduksi ulang karena ini seri limited. Kalaupun mau mengeluarkan yang baru, ya dengan desain baru,” sambungnya.

Issuenya, jaket Legendary ini menjadi banyak dicari sampai ada yang menjual produk secondnya. “Seminggu lalu tiba-tiba ada yang chat gue. Setelah gue jelaskan jaket ini, dia mau jaket pribadi gue dan dia hargain Rp 8 juta. Itu satu-satunya jaket Legendary yang jadi arsip gue. Saat gue kasih lihat fotonya, gak sengaja dua jaket lain ikut kefoto dan dia mau beli tiga-tiganya!” lanjut Decky.

“Tapi sebelum deal harga, gue tanya dulu kenapa dia berani beli barang lokal, dengan harga segitu, second pula. Dia jawab karena kualitasnya sudah mumpuni, dan dia menghargai produk lokal. Akhirnya 3 jaket ini deal dengan harga Rp 21 juta,” sambungnya.

Dilanjut oleh Decky, sang pembeli adalah salah satu komedian Tanah Air yang belum mau diekspos identitasnya. “sebenarnya selain alasannya masuk akal buat gue, nominal ini juga cetak rekor juga untuk Rawtype Riot. Harga ini sudah ngelebihin jaket branded. Gue juga pengen menginspirasi brand-brand lokal lainnya, bahwa orang sini pun mau membeli produk lokal dengan harga tinggi”.

“Secara personal, secara tidak langsung ini memang cita-cita Rawtype sejak dulu, menjadi produk limited edition yang menjadi collectible item. Tapi nggak nyangka juga bisa secepat ini di umur Rawtype yang baru 2 tahunan. Ini salah satu pencapaian sih. Kondisi barang second, dia juga nggak tau dekat personal gue. Ini apresiasi banget. Ini benar-benar waktunya lah, “When Raw is Going to Be Awesome!”.

“Sebagai salah satu pelakunya, gue sih melihat berarti brand lokal kita itu berhasil. Ini juga buat merubah mindset orang bahwa prodak lokal itu beneran bagus dan nggak selalu harus murah. Jangan selalu berkiblat sama produk luar lah. Makannya gue juga sering ikut movement untuk sharing, ‘kenapa loe harus beli produk lokal’. Kita ciptakan mindset kalau produk lokal itu keren. Tinggal mindset kita aja,” pungkas Decky. Well, you do awesome bro!

Teks: Wildaf, Foto: Istimewa.