Cleveland CycleWerks Main Motor Listrik

Cleveland CycleWerks Main Motor Listrik

Jul 06, 2020

Motor listrik udah jadi tren masa kini. Pabrikan motor pun berlomba-lomba bikin produk unggulannya masing-masing, tak terkecuali Cleveland CycleWerks yang tampil mengusung ‘Falcon’.

Perusahaan yang berbasis di Cleveland, Ohio - Amerika Serikat ini belum lama ini menghadirkan sosok Falcon yang sangat berbeda dari produk-produk biasanya. Sisi stylish memang lebih dipentingkan ketimbang kecepatan, tapi dijamin desain retro-futurisnya bikin seger mata.

Ada dua versi yang dibuat Cleveland CycleWerks ini yaitu; Falcon 01 dan Falcon BLK. Well harga terbilang cukup tinggi untuk sebuah motor listrik, tapi bisa dimaklumi karena banyak bekal fiturnya.

Misalnya varian termahal, Falcon BLK yang hanya diproduksi sebanyak 20 unit dan baru tersedia untuk pasar Amerika Serikat saja. Kedua produk diproduksi di Ohio. Masing-masing menggunakan rangka wishbone. Framenya didesain sendiri oleh dengan bahan baja kuat. Wujudnya benar-benar ‘naked’ didominasi baterai yang besar dengan flat single seater.

Semua sektor pencahayaan pastinya sudah pakai LED yang mencerminkan kendaraan masa depan. Lampu utama berbentuk bulat untung kesan retro. Motor penggeraknya ada di tengah, plus rem cakram hidraulik CARD dual-piston, suspensi upside down, dan shock absorber hidraulik coilover belakang yang bisa disesuaikan. Untuk roda menggunakan aluminium forged 17 inci, namun pada Falcon BLK ditambahkan dengan cakram aero wheel yang nampak lebih sporty.

Falcon BLK

Falcon BLK nggak Cuma jadi seri yang termahal, tapi juga paling menarik karena selain tampilannya yang sporty, spesifikasinya secara signifikan lebih baik daripada saudaranya. Falcon BLK hadir dengan dua paket swappable dan menawarkan jangkauan hingga 160 km Falcon BLK hadir dengan dua paket swappable dan menawarkan jangkauan hingga 160 km saat ridernya menggunakan mode Eco atau 100 mil untuk mode agresif.

Rentang jarak berkendara ini berkat paket baterai ganda 4,4 kWh (terdiri dari dua paket 2,2 kWh swappable) dan bobot lebih ringan sekitar 175 pound. Seperti yang dikatakan tadi, Falcon bukanlah salah satu motor listrik tercepat. Top speed Falcon BLK adalah 85 mph atau setara 137 km/jam, motor listrik tunggalnya menghasilkan 17,5 hp dan torsi 29 nm. Akselerasinya bisa diaktifkan dengan cara memencet tombol merah di kanan setang.

Baterai merupakan pack sel 18650 lansiran Samsung dan pengisi dayanya sudah disematkan fitur quick charger. Dibutuhkan waktu 45 menit untuk mengisi daya hingga 80 persen atau satu setengah jam untuk mencapai 100 persen. varian BLK dilengkapi “FALCONtroller” atau biasa dikenal regenerative braking saat mode e-bike.

Fitur lainnya ialah sistem konektivitas yang terhubung melalui bluetooth. Kecanggihan motor ini bisa dirasakan berkat teknologi Angry Pixy yang bisa mengakses daya maksimum selama 20 detik. Yang nggak kalah menarik adalah teknologi cat modern electroluminescent Lumilor. Sisi luar cover baterainya akan menyala terang saat berada di tempat gelap.

Di negeri asalnya, Falcon BLK dibanderol USD $ 14.995. 20 Produksi perdana akan menjadi “Founders Edition” dari Cleveland CycleWerks.

Falcon 01

Falcon 01 menjadi pilihan yang lebih murah yaitu  USD $ 7.995. Motor ini hanya dibatasi jangkauan 80 mil di Mode eco (ramah lingkungan), atau 50 mil saat berkendara lebih agresif.

Ini semua karena Falcon 01 hanya menggunakan satu paket baterai 2,2 kWh, dengan waktu pengisian baterai yang sama, 45 menit untuk pengisian 80 persen dan satu setengah jam untuk capai 100 persen

Namun bobot berkurang jauh alias lebih ringan, yakni hanya hanya 150 pound. Falcon 01 punya mode e-bike, batas kecepatan tertingginya hanya 20 mph (32 km/jam) dan 750W (1hp). Kemudian ada mode e-moped, dengan kecepatan maksimal 27 mph (43 km/jam), dan mode tidak terbatas yang mengambil keuntungan penuh dari motor 6kW, kecepatannya mencapai 65 mph (105 km/jam).

Oya, ada garansi dua tahun /mil tanpa batas untuk “power pack” dari pabrik dan motor ini. Unitnya pun sudah ready untuk dipesan.

Teks: Wildaf, Foto: Cleveland CycleWerks.