Custom Jok Glitter

Custom Jok Glitter

Jun 18, 2020

Aksen cat glitter identik dengan lingkungan para penyuka gaya lowrider, baik itu di sepeda, motor, ataupun mobil-mobilnya. Aksen glitter itu sudah ada sejak tahun 70an membuat tampilan kendaraan jadi lebih eye catching.

“Sebetulnya cat glitter ini merupakan budaya custom paint otomotif pada tahun 70-an mulai  berkembang di Amerika, hanya saja pada awal berkembangnya glitternya tidak terlalu rapat,” ujar Adi Gembz builder sepeda dari garage Eightbellz dibilangan Cipete, Jakarta Selatan.

Cat glitter hanya salah satu ciri dari gaya chicano yang lekat dengan style lowrider. Ada lebih banyak lagi ciri dari gaya chicano antara lain custom paint seperti chrome, cat candy, penggunaan material yang memberikan kesan luxury

“Cat gillter dipakai melengkapi style lowrider karena ingin memunculkan kesan "kemewahan" pada sebuah kendaraan andalannya,” lanjut  Adi Gembz yang telah menekuni custom sepeda lowrider lebih dari 10 tahun.

Untuk di sepeda lowrider aksen glitter ini akhirnya berkembang ke beberapa part sepeda yang dipakai.  Seperti yang banyak ditemui pada bahan pelapis jok model banana yang dilapis dengan bahan bertekstur glitter.

Eightbellz tidak hanya custom sepeda saja, Adi Gembz sebagai ownernya juga memproduksi part custom. Salah satu produk andalannya yaitu jok model banana yang dipakai untuk sepeda lowrider.

Replika sadel model banana yang diproduksinya ini sudah sampai mancanegara,  setelah melalang buana mencari sadle ori dan beberapa vendor untuk bekerja sama mewujudkan mimpi membuat vintage banana seat.

“Sekitar tahun 2008 akhirnya bisa terwujud memproduksi replika jok banana hingga saat ini kita melayani orderan banana sadle untuk kepentingan contest maupun harian,” lanjutnya.

Nah, bahan pelapis jok dengan tekstur gliter ini sebetulnya sangat bisa dipakai untuk motor-motor custom. Adi Gembz menjelaskan bisa diaplikasi ke berbagai style khususnya chopper yang mecing dengan style 1970-an.

Ada beberapa pilihan warna yang dtawarkan pelapis jok glitter ini mulai gold, hijau, biru, silver, merah, hitam, dan lainnya. “Bagian tengah tengah bahan jok  juga bisa dipress. Jadi selain memunculkan kesan classicnya metode press ini menhindari jok terembas air saat hujan,” ujar Adi Gembz.

Untuk kebutuhan pelapis jok motor bahan gilter ini ditawarkan mulai Rp 600 ribuan tergantung pemakaian bahan dan sudah termasuk biaya pemasangan pelapis joknya. Buat Gastankers yang berminat langsung aja japri IG  @eightbellz .

Teks: Belo Foto: Herry Axl