Custom War 2019 : The New Indonesian Custom Culture Event

Custom War 2019 : The New Indonesian Custom Culture Event

Jan 17, 2019 Event

Ajang Custom War yang diprakarsai oleh komunitas motor collective Naskleng 13 (NK13) Bali sukses diselenggarakan. Gelaran yang berlangsung di bekas area Taman Festival Bali di Pantai Padang Galak, Denpasar, Bali, Sabtu & Minggu (11-12/1/19) lalu ini tak kurang dihadiri lebih  28.113 pengunjung yang hadir dari berbagai kota di Indonesia.

Pemilihan lokasi ini juga yang menjadikan Custom War 2019 dianggap berbeda dari event-event yang lain. Yang paling menarik adalah area display motor yang unik, mengambil salah satu spot di Taman Festival Bali. “Untuk display motor kita manfaatkan stage dome yang dulunya sebagai teater, awalnya kondisinya tak terurus sebagai sarang kelelawar dan kongko ngumpul para pehobi mural,” ujar Rai Biomantara, salah satu perwakilan NK13.

Ambience yang tercipta di lokasi ini memang paling menonjol dari area lainnya. “Spot bangunan unik inilah yang kita manfaatkan untuk mendisplay sekitar 171 motor dan mobil custom berbagai style karya builder-builder dari berbagai kota. Kita bersihkan lokasi secara bertahap sejak November 2018, sehingga lokasinya bisa seperti ini” imbuh Rai.

Inilah yang membuat tim NK13 memberanikan diri untuk membuka lahan tersebut, yang awalnya merupakan area rekreasi di Denpasar yang terbengkalai sejak tahun 2000. Area seluas 8,9 hektar ini lebih dikenal oleh masyarakat umum sebagai lokasi ‘mistis’. Panitia telah melakukan pembersihan area (secara fisik bangunan dan spiritual) sejak November 2018.

Mengenai pemilihan lokasi yang sangat unik ini, bahkan diakui oleh tamu builder internasional. “Terus terang saya amazed saat pertama kali melihat lokasinya, salah satu venue terbaik acara motor yang pernah saya datangi. Taste custom di Indonesia juga berbeda dari Amerika dan Jepang,” ujar Max Schaaf (4Q) skateboarder dan chopper builder asal Amerika Serikat.

Tamu builder iternasional lain seperti Yaniv Evan (Powerplant Motorcycle) dan Cristian Sosa (Sosa Metalworks) juga ikut berbagi pengalaman dengan pengenjung lewat sesi talk show yang dikemas secara akrab. Sedangkan dari dalam negeri, NK13 mengundang lebih dari 20 builder lokal dan para pelaku permotoran dari Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya yang masing-masing memberi pick untuk motor terbaik pilihan mereka. “Wah kerenn... Beda banget sama event lainnya,” komentar Akbar, builder Circus Local Custom yang juga menjadi undangan di sana.

Moment yang paling ditunggu oleh pengunjung tentunya adalah pengumuman lucky draw yang digelar di hari terakhir, (12/1). Custom War 2019 mempersembahkan 2 motor untuk pengunjung yang beruntung yaitu sebuah Harley-Davidson custom yang digarap oleh Kedux Garage dan satu unit sepeda motor baru Kawasaki W175.

Lucky Draw unit Kawasaki W175 akhirnya berhasil diperoleh oleh I Wayan Agus Wirawan, pengunjung asal Sading, Mengwi, Bali. Sedangkan Lucky Draw utama berupa H-D Iron Head jatuh ke tangan Harry, yang juga merupakan pengunjung asal Bali.

Sementara pertunjukan musik yang mengiringi perhelatan acara disajikan dalam 4 stage yang terdiri dari Main Stage, Dome Stage, Announcement Stage dan Jamming Stage. Sampai jumpa Custom War 2021!

Teks: Wildaf, Foto: NK13.