Deretan Electric Bike Berdesain Inovatif di EICMA 2018

Deretan Electric Bike Berdesain Inovatif di EICMA 2018

Nov 13, 2018 New Bike

Pemeran otomotif dunia Milan Motorcycle Show (EICMA) 2018 telah berakhir. Acara yang digelar pada 8-11 November 2018 di Rho Fiera Milano, Milan, Italia ini menjadi ajang bagi pabrikan otomotif di dunia untuk memulai debut model baru mereka, tak terkecuali, kendaraan bermotor listrik. 

Belakangan, kendaraan bermesin listrik semakin marak diproduksi. Uniknya, industri ini bukan hanya dilakukan oleh perusahaan raksasa, namun lebih banyak oleh perusahaan-perusahaan startup seperti Alta Motor, Zapp, dan lainnya yang mengeluarkan desain e-moto atau e-cooter yang inovatif. Bahkan, Ducati dan Kawasaki pun tak ketinggalan mengeluarkan electric bikenya di ajang ini.

Langsung saja, berikut deretan motor listrik yang menarik perhatian di EICMA 2018. 

NUUK 

NUUK menghadirkan sepeda motor listrik dengan kapasitas baterai dan daya muat besar. Uniknya, motor ini juga memiliki body modular, jadi bisa dirubah dari model skuter, sepeda hingga cargo. Brand ini juga menawarkan pilihan motor penggerak single atau dual motor 4kW, berikut kapasitas baterainya, single atau dual kapasitas 2,4kWh.

Otto Bikes MCR II 

c-OTTOBIKES%20II.jpg

Untuk pertama kali, Otto Bikes hadir di EICMA dengan membawa Otto Bikes MCR II, sebuah mini yang bisa ngebut hingga 105 km/jam dengan jarak jelajah 220 km. MCR II hadir dua varian, bermotor listrik 4kW motorhub atau 5kW mid drive. Keduanya menggunakan fitur terkini, dash smartfunction termasuk telepon, mapping dan rear camera view serta fitur lainnya, meski keduanya masih menunggu homologasi dari EU.

Silence Scooters 

Silence Scooters berhasil menarik perhatian karena desain removable battery atau baterai lepas-pasangnya. Baterainya telah dirancang agar mudah untuk dilepas-pasang dan diletakkan di bagian bawah, sehingga terdapat space bagasi yang terbilang besar. Baterainya juga ditambahi roda dan berbentuk seperti kopor sehingga mudah untuk dibawa. 

CSC City Slicker 

CSC City Slicker memiliki model seperti e-moto, dan mampu menembus kecepatan hingga 105 km/jam. Yang menarik, produk ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 37 jutaan saja, sehingga relatif ramah bagi kantong masyarakat Eropa, dan didaulat menjadi sepeda motor listrik terbaik di EICMA 2018. City Slicker diproduksi pabrikan Tiongkok, Zongshen dan sudah diserap pasar Amerika Serikat.

UJET 

UJET menawarkan inovasi yang tak kalah menarik, yakni skuter listrik lipat untuk memudahkan membawanya saat naik elevator atau transportasi publik. UJET didesain dengan berat total 49 kg termasuk baterai, yang saat dilipat akan mirip kereta dorong. Skuter ini dilengkapi roda hubless dengan rem cakram, serta fitur terkini seperti Bluetooth dan GPS sat-nav.

Vespa Elettrica 2019

Salah satu yang paling ditunggu dari pabrikan Italy, yaitu Vespa Electricca. Produk dari Piaggio ini memang sudah disebut-sebut sejak 2 tahun lalu, namun baru diproduksi pada Oktober 2018 dan mulai dipasarkan secara online awal November tahun ini. Vespa Elettrica masih tetap menampilkan desain khas skuter Italia itu, namun dengan penggerak yang berbeda. 

Arc Vector

Arc Vector merupakan concept electric bike pendatang baru buatan Arc Motorcyles asal Inggris yang cukup menggebrak EICMA 2018. Body dan sasisnya menggunakan karbon komposit ringan dengan cara dicetak alias monokok. Motor listriknya menghasilkan tenaga setara 138 hp dan torsi 85 Nm, dari daya baterai lith ion buatan Samsung 16.8 kWh. Meski baru sekadar konsep, namun kehadirannya dianggap cukup menjanjikan

Harley-Davidson LiveWire

EICMA 2018 menjadi saksi kelahiran motor listrik pertama Harley-Davidson (H-D), LiveWire. Hadir dengan genre sport-cruiser, motor ini dipersenjatai baterai lithium-ion berkapasitas 12 Volt. Kabarnya, motor listrik bertenaga 74 Tk dengan torsi 70 Nm dan kecepatan maksimal 148 km/jam. Pengisian daya dilakukan dengan on-board tingkat 1 yang terletak di bawah kursi, atau DC Fast Charge (DCFC) charger level 2 atau 3. Sayangnya, LiveWire baru mulai dijual pada 2019 mendatang. 

Teks: Wildaf, Foto:  ElectrekMCN, Engadget.