Ducati Moto-Terminator

Ducati Moto-Terminator

Mei 29, 2019 Custom Bike

Terminator: Dark Fate sebentar lagi rilis nih. Film sci-fi ini merupakan lanjutan dari seri-seri film sebelumnya di mana di salah satu seri yaitu Terminator Salvation (2009), terdapat motor yang sangat ikonik dengan film ini yaitu Moto-Terminator.

Tapi nggak banyak yang tau jika Moto-Terminator rupanya sangat disesuaikan dengan Ducati Hypermotards. Adegan utama yang nampilin Moto-Terminators rupanya adalah salah satu highlights dari film ini.

Meski sebagian besar aksinya menggunakan digital, namun sebenarnya ada motor yang yang dicustom khusus di film ini yang kabarnya ada sebanyak 4 unit, dan 1 diantaranya benar-benar berfungsi sempurna. 

Ini rupanya karena sang sutradara, McG dan Christian Bale yang merupakan aktor pemeran John Connor sama-sama seorang rider sungguhan. Sejak awal, McG meminta agar Moto-Terminator harus mengambil basic dari Ducati. Awalnya dipilih Ducati Monster dan Hypermotard 1100, namun motor yang digunakan dalam film adalah Hypermotard.

Desainer di balik Moto-Terminator adalah Victor Martinez. Tugasnya cukup berat sebab motor custom bergaya ‘robotic’ itu diharuskan benar-benar bisa dikendarai ‘manusia’. Ini berarti suspensi, wheelbase, stang, jok, footpegs dan mesin semuanya harus fungsional.

Ducati Hypermotard 1100 sendiri dirilis pada 2007 dan masuk dalam kelas supermotard dengan mesin L-twin 1078cc 90 bhp berpendingin udara dan oil, dengan torsi 76 ft lbs. Stylenya yang klasik dan agresif dirancang oleh desainer legendaris Pierre Terblanche.

Bentuknya sekarang sudah fully custom a la motor robot dengan material besi di seluruh bagian bodynya. Melihat stylenya yang serumit itu sih, keren juga ya desainernya! Anyway Moto-Terminator bisa dilihat secara langsung dalam pameran bertajuk “Hollywood Dream Machines” di Petersen Automotive Museum di los Angeles yang dibuka pada 5 Mei lalu.

Artikel: Wildaf, Foto: Petersen Automotive Museum, Ted 7.