Ducati XDiavel Dark dan XDiavel Black Star 2021

Ducati XDiavel Dark dan XDiavel Black Star 2021

Nov 18, 2020

Ducati menambahkan dua varian terbaru dalam lini XDiavel yang diberi nama XDiavel Dark dan XDiavel Black Star. Motor ini diluncurkan dalam rangkaian Ducati World Premiere 2021 seri 2 yang di Launching tanggal 11 November lalu. 

XDiavel merupakan cruiser andalan Ducati dengan forward controls, belt drive, dan tangki teardrop. Sebelumnya ada versi standar dan seri S yang speknya agak lebih tinggi sedikit, namun kini ada dua model baru yang meramaikan keluarga kecil XDiavel.

Varian XDiavel Dark menyempurnakan keindahan bentuk cruiser Ducati berkat esensi warna hitam matt. Pabrikan sepeda motor yang berbasis di Bologna memiliki ikatan lebih dari dua puluh tahun dengan warna hitam matt yang dimulai pada tahun 1998 tersemat di Monster 600 Dark, model pertama yang memakai livery ini.

Pada XDiavel Dark, warna hitam total juga telah diperluas ke komponen mekanis, pelat, dan pelapis, menyempurnakan prinsip desain “Reduce to the Max” Ducati. XDiavel Dark mewakili kemurnian, esensialitas, dan pintu gerbang ke dunia XDiavel. Versi Dark ini memiliki finishing matte black plus rangka dan velg hitam.

Sedangkan versi XDiavel Black Star yang baru memperlihatkan sisi sporty dari penjelajah Ducati, dengan livery dan perlengkapan yang terinspirasi dari dunia mobil sport. Livery khusus bergantian abu-abu dan hitam matt dengan sentuhan merah yang menjadi ciri khas Ducati.

Tidak ada detail yang terlewatkan pada motor ini, dilengkapi dengan engine cover berwarna merah mengingatkan jiwa 100% Ducati. Sedangakn joknya disematkan dengan bahan suede berkualitas tinggi yang membangkitkan kesan sporty.

XDiavel Black Star dilengkapi sepasang velg palang terbaru yang dicat dengan warna hitam gloss, dengan bobot yang ebih ringan 2 kg. Untuk roda depan memilikiukuran 3,5 "x 17", di bagian belakang memiliki roda 8 "x 17".

Roda depan memasang ban ukuran 120/70 ZR17 dengan tapak yang didesain ulang untuk memaksimalkan melaju dilintasan basah. Untuk ban belakangnya aplikasi ukuran 240/45 ZR17 yang dijejali dengan ban Pirelli Diablo Rosso III.

Agar bisa lolos regulasi emisi Euro5, mesin yang mengaplikasi model silinder ganda Ducati Testastretta DVT 1262 kini punya layout pembuangan yang baru sehingga punya tambahan tenaga 4 hp menjadi total 160 hp dan torsi 127,4 Nm.

Seperti semua Ducati generasi terbaru, XDiavel juga dilengkapi dengan teknologi Bosch Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk mengukur secara dinamis sudut roll dan pitch serta kecepatan variasi set-up relative untuk meningkatkan keselamatan pengendaranya.  

Sistem ini, bersama dengan Ducati Traction Control (DTC), Riding Modes, Bosch Cornering ABS, Cruise Control dan Ducati Power Launch (DPL) menjadikan XDiavel sebagai permata teknologi yang menawarkan kinerja tinggi dan, yang terpenting, keamanan.

XDiavel merupakan tunggangan crossover di mana keduanya bertemu secara lengkap, tanpa kompromi sama sekali. X dari XDiavel secara tepat mewakili di satu sisi kecepatan santai pada kecepatan rendah khas dunia Cruiser dan di sisi lain serta adrenalin dari pengendaraan sporty Ducati.

 Teks: Belo Foto: istimewa