“Easy Rider” Rayakan 50 Tahun Anniversary

“Easy Rider” Rayakan 50 Tahun Anniversary

Jul 17, 2019 Boys Toys

Easy Rider adalah salah satu film paling ikonik di kalangan anak motor di berbagai penjuru dunia. Tahun ini, film garapan Dennis Hopper ini genap berusia 50 tahun.

Moment ini akan menjadi setengah abad perjalanan Wyatt (Peter Fonda) dan Billy (Dennis Hopper) menderu di bioskop dengan Harley Hydra-Glides custom mereka. Film ini menceritakan dua tokoh utamanya, Wyatt dan Billy yang melakukan perjalanan ke Selatan dari Los Angeles ke New Orleans.

c-easy-rider-movie-harley-morto-print-po

Nah dalam rangka memperingati setengah abad film ini, Easy Rider kembali diputar dalam versi 4K oleh Fathom dan Sony Pictures Entertainment. Film ini hanya diputar dua kali, yaitu 14 Juli dan 17 Juli 2019 di lebih dari 400 bioskop di seluruh Amerika.

Easy Rider menjadi film countercultural dan box office, yang memukul film-film mainstream saat itu yang didominasi oleh film Barat dan musikal. Film ini juga menjadi film motor klasik yang masih menyentuh kord penonton di seluruh dunia hingga saat ini.

c-FCFKYRDY2I5FJF7FG2X53LHYLY.jpg

Bukan hanya filmnya, soundtrack-nya pun masih hits sampai sekarang. Berisikan lagu-lagu rock yang popular semisal "Born to Be Wild" yang juga ikonik.

c-RG3ZJMNXQ3XVXNBQEZND5D3EUI.jpg

Easy Rider dinominasikan untuk Oscar (1969) dalam Skenario Terbaik. Pada tahun 1998 juga, Easy Rider sempat masuk dalam National Film Registry dan satu dari daftar 100 film Amerika terbaik di American Film Institute.

Teks: Wildaf, Foto: Istimewa.