Hari Terakhir Custombike Show 2018, Tim Suryanation Motorland Jalin Koneksi Dengan Builder Eropa

Hari Terakhir Custombike Show 2018, Tim Suryanation Motorland Jalin Koneksi Dengan Builder Eropa

Des 05, 2018 Event

Di hari terakhir gelaran Custombike Show 2018 ke-14 kemarin (2/12/2018), Tim Suryanation Motorland kembali mengunjungi area acara yang berada di Messezentrum, Kota Bad Salzuflen, Jerman. Selepas meninggalkan hotel, rombongan langsung menuju area acara Custombike Show untuk mengunjungi beberapa booth dari builder dan melihat beberapa produk terbaru dari perusahaan aftermarket di dalam lokasi seluas 28000 meter persegi itu.

“Hari ini kita akan banyak berkunjung ke booth yang ada di dalam area untuk memperkenalkan dunia custom tanah air dan memperlihatkan motor-motor karya builder Indonesia. Harapannya, dunia custom Indonesia semakin mendapat perhatian dari pecinta motor custom Eropa,” kata Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee.

Hari ketiga Custombike Show juga tampak semakin dipenuhi oleh pengunjung. Sebab di akhir acara diumumkan motor-motor terbaik dalam kontes, serta pertarungan dua builder dalam European Biker Build Off secara live.

Area acara Custombike Show terbagi menjadi empat ruang yang dijadikan sebagai ruang eksebisi. Semuanya berisikan mulai dari ratusan motor modifikasi, booth-booth builder dan sekitar 300 perusahaan produk aftermarket. Tim Suryanation Motorland juga berkesempatan bertemu dengan beberapa pinstripper dunia.

Diantaranya adalah EMD Casting Part yang banyak membuat part aftermarket untuk Harley- Davidson. Ownernya, Nickolas menerima kunjungan Tim dan langsung berbincang-bincang santai. “Saya sudah pernah melihat langsung skena custom di Indonesia dan menurut saya saat ini perkembangannya sangat pesat.” ujar pria asal Perancis tersebut. Ia menambahkan saat ini produknya juga mendapat minat yang tinggi dari pecinta custom di Indonesia.

Tim juga menyambangi Chikos Pinstriping & Simons Custom yang kerap berkolaborasi untuk membangun motor-motor custom milik customernya. Kedua orang ini berbeda kewarganegaraan dan keahlian. Chiko merupakan seorang ahli pengecatan berkebangsaan Spanyol sementara Simon salah satu builder senior asal Jerman yang banyak menggarap motor dengan konsep chopper dan trike.

Kemudian tim juga berkunjung ke booth builder yang bertarung di acara European Biker Build Off Custombike Show 2018 yaitu Rocket Bob Cycle Works yang sudah mengenal Tim Suryanation Motorland dari acara Motor Bike Expo di awal tahun 2018. Di situ tim banyak bertukar informasi seputar teknis acara build off dengan Pete Pearson builder dari Rocket Bob Cycle Works. Booth lain yang sempat dikunjungi adalah salah satu pemenang European Biker Build Off 2016, MB Cycle Heidelberg. 

Aksi Wall of Death dan European Biker Build Off

c-SML%20(20).JPG

Event Custombike Show tidak hanya menampilkan motor-motor custom saja. Ada yang menarik perhatian tim Suryanation Motorland, yaitu Wall Off Death yang dikenal sebagi atraksi “Tong Setan” di Indonesia.

Atraksi Wall of Death ini digawangi oleh Henny Kroze seorang mantan pebalap Speedway asal Belanda dan pernah menjadi juara sebanyak 10 kali. Sejak pensiun ia kemudian mulai melakukan aksi ini dengan menggunakan sebuah motor tua bermerk Indian lansiran tahun 1932.

Konten European Biker Build Off secara live yang mempertemukan Pete Pearson builder dari Rocket Bob Cycle Works yang berasal dari Inggris yang berkompetisi dengan Twan Gutters dari South East Motorcycles yang berasal dari Belanda juga menambah pengalaman tim di perjalanan kali ini.

Tim melihat bagaimana pentingnya manajemen waktu, ketelitian dan juga detail dalam membuat sebuah motor custom dari kontes European Biker Build Off kali ini. Setelah melalui proses voting yang dilakukan oleh pengunjung akhirnya builder dari Rocket Bob Motor Cycle Works berhasil menjadi pemenang dengan menghadirkan sebuah motor Harley Davidson Softail yang menggunakan engine aftermarket.

Di acara kontes Custombike Show, terpilihlah motor buatan Koh Sakaguchi dari Suicide Custom Jepang yang berhasil menjadi Best of Show tahun 2018. Ia menghadirkan motor Speedster dengan basis Harley Davidson Ironhead. Motor yang ia bawa kali ini terbilang menarik karena beberapa part yang terpasang berasal dari Indonesia. 

Setelah puas memanjakan mata di ajang Custombikeshow 2018, Tim Suryanation Motorland segera melanjutkan perjalanan selama 4 jam untuk menuju kota selanjutnya yaitu Amsterdam, Belanda.

Teks: Wildaf, Foto: Suryanation Motorland.