Harley- Davidson FXDR 114 by Rick's Motorcycles

Harley- Davidson FXDR 114 by Rick's Motorcycles

Mar 12, 2019 Custom Bike

Sejak awal tahun 1980-an, Rick’s Motorcycle telah memproduksi berbagai custom parts khususnya untuk produk Harley-Davidson dan menjadi salah satu yang terbesar di Eropa. Rick’s juga merupakan official rental dari Harley-Davidson.

Selain membuat custom parts, Rick’s Motorcycle juga telah banyak menghasilkan custom bike, yang tentunya diisi dengan part produknya. Salah satunya Harley-davidson FXDR 114 custom ini. FXDR mengusung mesin Milwaukee-Eight baru, kerangka Softail dari model 2018, sasis, swingarm, knalpot, termasuk pipa yang semuanya baru.

Rick’s yang telah lama berpengalaman dengan brand Amerika ini mengamati dan mendigitalkan setiap bagian dari FXDR 114 untuk membuat parts barunya. Misalnya dari bagian bar belakang yang ternyata dianggap terlalu ‘menghalangi’, namun mencopotnya juga bisa menimbulkan masalah di bagian lampu belakang dan fender. Karenanya parts custom yang dibuat bukan cuma harus fungsional, tapi juga memiliki desain yang keren. 

Dimulai dari indikatornya yakni pada bagian lampu. Untuk proyek FXDR ini, Rick's Motorcycles menggunakan 'Rhombus S' yang sedikit lebih besar. Satu lampu berisikan headlamp, lampu belakang, dan lampu rem sekaligus.

Untuk mematuhi peraturan undang-undang di Jerman yang mengharuskan motor memiliki reflektor yang harus dipasang di tengah poros roda, Rick’s memainkan jarak antara indikator agar bagian ini terpasang dengan indah.

Bagian lainnya yang dibuat dari Rick’s berupa fender, desain dan posisi plat nomor, cover belt, serta ‘integrasi jendela’ pada yang memberikan tampilan clear pada mekanisme kopling. Bagian ini juga yang menjadi hits pada produk Rick’s.

Custom FXDR by Rick’s Motorcycle menggambarkan perubahan instan. Banyaknya pengaplikasian detail-detail kecil justru membuatnya tampil jauh berbeda tanpa merubah desain aslinya. 

Teks: Wildaf, Foto: Peter Schulz.