Harley-Davidson FXR 1984 | Collaboration Project

Harley-Davidson FXR 1984 | Collaboration Project

Okt 01, 2019 Custom Bike

Saat bangun motor full custom biasanya pemilik motor dihadapkan oleh dua pilihan, untuk dipakai riding saja atau memang kebutuhannya buat mengikuti ajang show off seperti custombike contest. Nah, kalau pilihan terakhir ini biasanya langsung diamini oleh kebanyakan builder yang menggarapnya.

Bukan apa-apa, ajang custombike contest selalu menjadi tempat khusus bagi sebagian builder sebagai sarana untuk memajang karyanya. Tentu karya itu bakal diapreasiasi oleh custom enthusiast atau dewan juri yang akan menilainya. “Bagi saya menang pada ajang custombike contest itu menjadi salah satu pencapaian dalam berkarya,” ujar Ari Supriyono dari workshop Protechnics Moto, di Rempoa, Tangerang Selatan.

Ari ketemu batunya, maksudnya dia mendapatkan customernya Adbul Syahrir asal Kalimantan yang ingin menggarap motor untuk turun pada ajang custombike contest. Basic motornya pakai mesin Harley-Davidson FXR 1984 yang dirangkai dengan frame model rigid dengan style bobber.

Pada garapannya kali ini builder asal Solo, Jawa Tengah itu mencoba bereksprimen frame model rigid yang diramu dengan front end model single girder. “Baru kali ini saya aplikasi model single girder pada rangka dengan mesin mesin Harley-davidson,” terangnya. 

Frame terlihat apik berkolaborasi dengan sepasang pelek custom yang diorder dari Amerika. Pelek dengan model jari-jarinya terpasang seperti kipas, sudah dilengkapi dengan disk brake super lebar yang menempel pada bibir pelek. Ukuran pelek ring 21 inchi untuk roda depan sedangkan roda belakang pakai ring 18 inchi.

Untuk pengerjaan body dan fender seluruhnya mengandalkan bahan pelat aluminium yang menjadi spesialis bengkel Protechnic Moto. “Kalau untuk pengecatan dan detail saya berkolaborasi dengan teman-teman yang ahlinya biasa mengerjakan motor-motor untuk contest,” buka Ari.

Untuk pengecatan atau custom painting dia kirim frame dan body ke Hacka Pinstriping di Solo. Pada rangka dan body motor yang dibalur kelir merah maroon ini dia membuat detailnya dengan silverleaf orange candy dan 3D paint pada beberapa bagiannya.

Saat pengecatan dikerjakan, mesin dan gear box FXR dikirim ke Mojokerto, Jawa Timur untuk diolah detailnya dengan proses engrave. David Rock Stone yang spesialis mengerjakan metal engraving ini, secara manual dia mengukir hampir seluruh bagian mesin. Seperti cover girbox, cover rocker arm, primery cover, intake carburator dan detail lainnya yang diukir layaknya karya seni.

Specs

Stang : Custom

Pelek : Aftermarket

Body : Custom Aluminium

Karburator : Webber

Knalpot : Custom

Teks: Oleb, Foto: Herry Axl.