HISTORY OF HARLEY-DAVIDSON FLATHEAD

HISTORY OF HARLEY-DAVIDSON FLATHEAD

Mar 08, 2018 Classic Bike

Sukses dengan mesin generasi sebelumnya, Harley-Davidson akhirnya terus meningkatkan jumlah produksinya. Tahun 1920-an Harley mulai memperkenalkan mesin dengan katup yang diletakan di bagian bawah dari silinder. langkah ini bertujuan agar mesin tidak terdengar kasar dan pengendara jauh lebih nyaman.

Lima tahun kemudian Harley-Davidson mulai memproduksi mesin dengan tipe Flat head yang mengadopsi satu bentuk dalam empat tipe model VL, UL, WL, K dan surveyor. Flat head juga biasa dikenal dengan sebutan side valve dengan kepala silinder yang rata (flat). Mesin ini di produksi sekitar tahun 1929 – 1974. Untuk tipe VL Harley-Davidson memproduksi mulai tahun 1930, mesin ini memiliki kapasitas silinder 74 kubik atau 1200cc, untuk tipe UL Harley-Davidson memproduksi di tahun 1936, Harley-Davidson memberikan upgrade di bagian silinder menjadi 80 kubik atau 1340cc.

Pabrik pertama Harley-Davidson

Tipe ini terbagi menjadi dua varian yaitu, WLA (WL-Army) dan WLC (WL-Civil) dengan kapasitas silinder sebesar 750cc. Berselang 15 tahun kemudian, Harley-Davidson mulai memproduksi K model dengan tiga varian yang terdiri dari K, KH dan KHK. Mesin ini memiliki 744cc. Tidak lama dari produksi K model, Harley-Davidson mengembangkan mesin dengan 45 KUBIK, 750cc. Mesin ini terus dikembangkan dari seorang Surveyor menjadi empat varian G, GA, GD dan GE. Seri ini dikenal dengan istilah trike bike lengkap dengan box yang terbuat dari bahan fiber.

Di era ini Harley-Davidson memiliki tantangan untuk membuat mesin produksinya agar lebih terdengar halus. Sebelum membuat katup yang berada di bawah silinder, Harley-Davidson masih terpengaruh dengan mesin race dengan katup yang diletakan di bagian atas. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para mekanik saat harus mensetting mesin balap agar tidak banyak terbuang waktunya.

Namun jika hal itu terus di pertahankan maka suara mesin yang dihasilkan akan sangat terdengar kasar dan menjadi tidak nyaman. Beberapa pengembangan dilakukan Harley-Davidson untuk membuat kenyamanan pengendaranya baru kemudian mesin Flat Head memiliki varian baru dengan katup yang berada di bawah dan hasilnya suara mesin pun terdengar tidak terlalu kasar selain itu perawatan juga menjadi lebih tahan lama dibandingkan dengan katup yang berada dibagian atas.

Teks: Andhika | Foto: Harley-Davidson, Bikerestored, Rustneverdies, Classicmoto-cycles, Mecum.com, Classic Motorcycle.