HISTORY OF HARLEY-DAVIDSON | J SERIES ENGINE

HISTORY OF HARLEY-DAVIDSON | J SERIES ENGINE

Mar 12, 2018 Classic Bike

Harley-Davidson adalah produsen sepeda motor asal Amerika Serikat. Didirikan di sebuah gudang kecil oleh William S. Harley dan saudara laki-laki Arthur dan Walter Davidson. Produksi pertamanya dimulai pada tahun 1903 di Milwaukee, Wisconsin. Sebelum memproduksi motor dengan mesin V-Twin berpendingin udara mereka memproduksi mesin dengan satu silinder.

Di 1907 Harley-Davidson resmi mengumumkan kantor pusat mereka di Milwaukee, selama dekade berikutnya H-D terus berkembang hingga memproduksi mesin V-Twin mereka. Beberapa tahun sebelumnya, Harley-Davidson tercatat pernah memasok militer Amerika selama Perang Dunia Pertama.

Di awal produksinya, Harley-Davidson memproduksi mesin dengan satu silinder. Secara fisik Harley-Davidson masih terlihat sederhana, bentuknya didominasi dari sebuah sepeda sederhana lengkap dengan tangki dan stang yang lebar serta menjulur kebelakang tanpa adanya lampu dan kelistrikan lainnya. Tahun 1915 Harley-Davidson mulai memproduksi model pertama J model F Head, motor V-twin. Mesin itu hanya berkapasitas 61 kubik dengan transmisi tiga percepatan dan sudah dilengkapi dengan kelistrikan.

Tahun 1919 Harley-Davidson mengembangkan seri J model dengan beberapa varian seperti, JS, JA, JB, JF dan JD seri JS merupakan Harley-Davidson tipe J biasa namun dengan penambahan Sidecar sementara seri J lainnya mulai ada beberapa ubahan minim. Sementara seri JD mengalami ubahan drastis dengan mesin yang lebih besar menjadi 71 kubik. Seri ini terbilang paling sempurna diantara seri J lainnya termasuk JE yang dibuat khusus untuk race saat itu.

Text: Andhika | Foto: Yesterdays.nl, Classic-Harley, Shannons, Bonhams, Motorcycleclassics