Honda CB125X & CB125M Concept | Cocok Buat Jadi Acuan

Honda CB125X & CB125M Concept | Cocok Buat Jadi Acuan

Nov 08, 2018 New Bike

Ajang pameran terbesar khusus roda dua, Milan Motorcycle Show (EICMA) 2018 yang berlangsung 8-11 November 2018 di Rho Fiera Milano, Milan, Italia. Tidak hanya memamerkan motor-motor berkapasitas mesin besar yang menjadi pasar pabrikan motor di Eropa.

Beberapa pabrikan juga mencuri perhatian pengunjung dengan menampilkan motor-motor berkapasitas mesin kecil. Seperti di stand Honda menghadirkan sepasang  motor konsep yang enggak kalah keren, yakni CB125X dan CB125M.

Informasi dari situs resmi Honda Motor konsep Honda CB125X dan CB125M ini berbasis dari Honda CB125R 2018. Dua motor ini merupakan hasil karya tim R&D Honda di Roma, rancangan Valerio Aiello selaku pimpinan project Honda.

Kedua motor konsep Honda ini sama-sama menarik, masing-masing memiliki karakter yang berbeda.

HONDA CB125X

Seperti Honda CB125X yang berkelir putih ini, secara keseluruhan tampilannya mengacu pada tunggangan adventure dual purpose. Mengaplikasi suspensi depan upside-down ditambah dengan penggunaan ban kasar, rem depan dan belakang sudah cakram.

Sesuai konsep motor penjelajah, kemudi juga menggunakan stang lebar yang sudah dilengkapi dengan cover handle bar. Lantas areal instrumen kemudi yang simpel dilengkapi dudukan layar smart phone  untuk membatu navigasi.

Bagian depan Honda CB125X menampilkan 3 lampu: 1 di tengan dan 2 lampu terselip di setiap fairing. Windscreen di depan bertugas melindungi pengendaranya dari cuaca.

Desain bodinya dengan tarikan yang meruncing menyerupai Honda CRF. Dengan  model jok dan cover body tengah serta belakang yang terlihat menyatu. Dibiarkan telanjang tanpa dilengkapi spatbor belakang. 

HONDA CB125M

Untuk desain Honda CB125M ini cocok buat para penggemar supermoto, secara keseluruhan desainnya layak disebut besutan motard. Untuk desain body dari  jok, hingga buritan sama dengan CM125X.

Hanya saja yang membedakan desain tangkinya yang sedikit lebih slim dengan shroudnya yang minimalis, terpisah dengan cover radiator.  Untuk cover engine guard modelnya masih serupa.

Kaki-kaki juga masih sama, mengandalkan suspensi depan model upside down dan lengan ayun yang terlihat serupa. Bedanya mengacu konsep motard kedua roda dibalut ban khusus buat jalan raya, dilengkapi dengan pelek casting bukan jari-jari seperti CB125X.

Areal depan CB125M yang berkelir merah ini lebih simple, hanya diberi cover pada suspensi depan yang menyatu dengan deadlamp minimalis di bawahnya. Lebih menguatkan kesan motard yang kental nuansa racing. Cocok nih, buat acuan custom para pemilik CB150R Street Fire di tanah air.

Alasan tunggangan ini ditampilkan mengutip situs resmi Honda, motor-motor konsep ini dibuat karena berkembangnya pasar motor 125cc di Eropa beberapa tahun terakhir. Selama 2018 saja pertumbuhannya mencapai 25 persen.

Sebetulnya, Honda telah meluncurkan CB125R Neo Sports Cafe. Mesin 125 cc silinder tunggal beberapa waktu lalu. Di Italia, CB125R Neo Sports Cafe dijual 4,490 euro atau Rp74,6 juta.

Teks: Oleb | Foto: Honda.