Honda CR500 Street Tracker, Mainan Baru Dani Pedrosa

Honda CR500 Street Tracker, Mainan Baru Dani Pedrosa

Jan 25, 2019 Custom Bike

Pensiun dari MotoGP dengan 54 kali kemenangan, Dani Pedrosa kini main motor custom. Hal ini ia tunjukkan di akun Instagramnya dengan foto dirinya mengendarai motor bergaya street tracker beberapa waktu lalu.

Diketahui, builder dari motor garapannya adalah Mike Woolaway 'Woolie', kepala desain dari Deus Ex Machina Amerika, berkolaborasi dengan Red Bull. Mendapat customer seorang Dani Pedrosa, tentunya Woolie tak main-main menggarapnya.

Ia menggunakan basik mesin 2-tak milik Honda. Pedrosa sendiri yang lama bergabung dengan tim Honda selama karir balapnya tak merasa kesulitan untuk memilih donor motor yang cocok. Selain itu, karakter Woolie yang sangat menyukai mesin cepat dirasa pas dengan Pedrosa.

Dani sendiri cukup lama bergabung dengan tim Honda selama karir balapnya di MotoGP. Jadi memilih donor motor yang cocok bukan hal yang sulit. Woolie memilih salah satu mesin paling balistik yang pernah dibuat Big Red - CR500 lansiran 1985. Bagian yang diambil di antaranya single-cylinder dan two-stroke power plant.

Honda CR500 tidak hanya dikenal dengan mesinnya yang powerful, Woolie sampai melakukan riset dan memutuskan untuk porting yang dilakukan langsung oleh Jim Wood, builder yang telah lama berpengalaman dengan motor-motor lawas. Mesin yang direbuild ini termasuk penambahan koil, engine side cover dari HRC dan handmade radiator dari Jeff Johnson.

Untuk rangkanya sendiri, motor ini memakai rangka aluminium molly chrome yang jauh dipesan dan digarap oleh master frame builder, Jeff Cole. Woolie kemudian memindahkan kickstand mount agar lebih dekat dengan foot peg.

Pada suspensi, motor ini mengandalkan fork depan Ohlins Black Edition yang sangar, dicustom oleh Jimmy Wood sementara sisi belakang model monoshock dari Race Tech. Rodanya ditopang dengan velg jari 19 inch custom, dibungkus oleh ban berulir klasik.

Next, bodywork didesain senada gaya tracker dari bahan aluminium. Selanjutnya, number plate dengan angka kebesaran Pedrosa yang dikombinasi dengan sebuah headlamp kecil, tangki hingga bagian ekor yang semuanya terinspirasi dari American flat track race bike. Sejak projek ini dimulai, beberapa partnya telah dipersiapkan secara handmade seperti sistem knalpot, hingga part-part kecil seperti handlebars, jok, controls and brakes.

Menariknya lagi adalah finishing dan liverynya yang cantik. Beberapa elemennya termasuk; nomor balap Dani di area depan, logo Red Bull di bagian tangki, dan sayap Honda di bagian ekor. Hasil yang mengesankan dengan pengerjaan total selama 500 jam kerja atau sekitar 20 hari.

Teks: Wildaf, Foto: Scott G Toepfer viaBikeexif.