Honda H'ness CB350 | Mendekati Tampilan Moto Guzzi V7 Stone

Honda H'ness CB350 | Mendekati Tampilan Moto Guzzi V7 Stone

Okt 08, 2020

Konsistensi Royal Enfield di India yang fokus memainkan segmen motor neo klasik ternyata sukses membuka pasar baru. Bermain sendirian pada kelas motor retro menengah dibawah 500cc rupanya membuat beberapa pabrikan motor dinegeri Taj Mahal itu mulai gerah.

Sampai akhirnya Honda India baru saja meluncurkan produk terbarunya yang lahir dari lini CB series.  Motor dengan tampilan retro terbaru yang telah diluncurkan di India beberapa waktu lalu oleh pabrikan Sayap Terkepak ini tidak lain adalah Honda CB350 H'ness.

Mengusung tampilan neo-klasik sejati, Honda H'ness CB350 yang dibaca Highness, layak menyandang sebagai  motor retro dengan kelengkapan yang sudah terpasang. Seperti lampu bulat dan lapisan krom di beberapa area penting seperti headlamp, bezel, crank mesin dan knalpot.

Sebagai pendatang baru tentunya Honda tidak mau plek-ketiplek membuntuti tampilan Royal Enfield Classic 350 yang menjadi kompetitor langsungnya. Honda memainkan kelebihannya dengan tampilan yang mengacu pada retro-cruiser sejati.

Jadi kalo melihat tampilan Honda CB350 H'ness ini desainnya sedikit lebih agresif dengan jok ala cafe racer, spatbor lebih tipis dan desain tangki bahan bakar slim dan sedikit lekukan. Secara keseluruhan sekilas tampilannya mendekati MotoGuzzi V7 Stone, dipertegas  dengan  pelek palangnya. 

Honda H'ness CB350 punya segudang fitur dan teknologi modern. Sektor dapur pacu pada Honda H'ness CB350 dipercayakan pada mesin satu silinder berkubikasi 348,36 cc. Jantung mekanik ini diklaim pabrikannnya mampu menyuplai 20,8 hp pada 5.500 rpm dan torsi 30 Nm pada 3.000 rpm. Power mesin ini diteruskan pada sistem transmisi lima percepatan manual.

Selain mesinnya yang bertenaga,  Honda H'ness CB350 memiliki sederet fitur modern seperti konektivitas Bluetooth, LED, panel instrumen digital (+analog) dan masih banyak lagi.

Untuk menebalkan tampilan neo klasiknya Honda H'ness CB350 dicangkok sistem suspensi belakang double dengan roda didukung traction control untuk memberi sensasi kenyamanan berkendara maksimum. Motor retro ini juga memiliki fitur Assist dan Slipper Clutch yang disiapkan untuk memudahkan proses pergantian gigi saat melaju kencang.

Saat ini Honda H'ness CB350 tersedia dalam dua model yakni DLX dan DLX Pro.  Untuk harga dijual mulai dari 190.000 rupee atau sekitar Rp 38,5 jutaan dijual saat ini baru untuk pasar India India.

Tetapi  bukan tidak mungkin nantinya PT Astra Honda Motor bakal menjual  motor retro di Tanah Air bila permintaan tinggi.  Gimana minat gak Gastankers ?? 

Teks: Belo Foto: Zeenews India