Honda Karisma 125 | Mini Flat Track Bergaya Sunday Motorcycles

Honda Karisma 125 | Mini Flat Track Bergaya Sunday Motorcycles

Jan 07, 2021

Balap flat track yang ngetrend di Amerika pada awal tahun 1900-an mengandalkan sirkuit tanah yang rata dan berbentuk oval. Asyiknya balap tanah flattrack ini tidak seperti motocross atau enduro yang membutuhkan lintasan luas dan handicap yang sulit. Balap ini hanya mengandalkan kelincahan pembalapnya untuk sliding saat masuk dan keluar tikungan.

Flattrack di Amerika sendiri  pada umumnya menggunakan basic motor Indian FTR750/1200 atau Harley-Davidson yang dibekelai roda ring 19 depan dan belakang.

Namun berbeda dengan Yuanito Henry Kurniawan ini, yang menggunakan motor berbasic Honda Karisma 125 ini yang dirubah total olehnya sehingga hanya menyisakan bagian mesinnya saja. Untuk ubahannya cukup banyak, yang terinspirasi dari Sunday Motorcycles dengan mengusung konsep bergaya mini flattrack yang pada umumnya menggunakan ring 14 inchi.

“Motor ini dibangun karena gue lihat di Eropa dan Amerika lagi ramai modifikasi motor mini dengan konsep Flat  Track, dan gue lihat di Indonesia khususnya di Bali belum ada yang mengambil Konsep modifikasi Flat Track mini bike ini,” ujar Yuanito Henry Kurniawan.

Nah, untuk mewujudkan konsep itu Henry membangun semua dari nol dan beberapa part yang dibuat sendiri handmade atau part by part, seperti rangka sebagai penopang utama dibuat custom dengan tetap mengutamakan presisi dan qualitas, begitu juga untuk bodyset dan item lainnya hampir semua dibuat secara custom.

“Kalo ide motor ini sebetulnya replika dari Sunday Motorcycles ( Flat track), tapi klo sunday motor cycle dia pakai Ring 14 inchi, supaya tetap mempertahankan body Mini Bike nya gue aplikasikan dengan menggunakan ring 12 inchi,” ujar Henry.

Dengan mengusung konsep balap untuk urusan kaki kaki harus kokoh, untuk Velg Om Henry menggunakan produk kymco dengan dibekali tromol KLX 150 dan system pengeremannya,  untuk mono shock sendiri menggunakan milik Kawasaki klx 150 dan untuk shock depan custom menggunakan as shock kymco dan button shock milik honda tiger.

Saat proses custom motor bagian yang tersulit adalah membuat roll yg presisi di sasis bagian kanan dan kiri dan membentuk body set dari plat supaya presisi kanan dan kiri, Karena kita menggunakan plat lembaran harus presisi dan seimbang. “seluruh proses pengerjaan ini dilakukakn oleh W.S Udek Oto yang berlokasi Gresik Jawa Timur,” jelas Henry yang memang bengkel spesialis custom minibike .

Untuk sektor mesinnya tetap mengandalkan mesin bawaan Honda Karisma 125 dimana performanya sudah terbukti tanggu dan handlingnya cukup baik. Hanya saja mendapat sedikit sentuhan dengan mengupgrade menggunakan kopling tangan sehingga spontanitas motor ini semakin liar.

Nah, setelah semuanya selesai digarap akhirnya olehHenry motornya dijuluki John Gasak, “Gasak itu bahasa Jawa yang artinya Sikat, Karena dengan motor ini medan atau jalur apapun kita sikat,” tutur Henry lagi.

Saat ini dirinya terbagung pada komunitas Mini Bike Enduro Race dimana komunitas ini dengan konsep adventure naik turun gunung dan bahkan Offroad menggunakan motor kecil. “Nah motor gue ini selalu mampu melewati semua rindangan dan Adventure tersebut dengan mulus,” tutup pria ramah ini.

Oh iya infonya awal bulan ini Mini Bike Enduro Race bakal bikin gelaran fun race …. Yuuk ahhh…!!!

Teks: Fiddin Foto : Istimewa