Honda ST 70 Dax | Detailnya Tetap Dikulik

Honda ST 70 Dax | Detailnya Tetap Dikulik

Feb 02, 2019 Custom Bike

Garage Three Monkey Enginering (TME) dari Semarang yang dikomandoi oleh Onny Widiyayana sebagai buildernya tidak hanya piawai ‘meracik’ tunggangan chopper. Salah satu karyanya yang baru saja rampung di garap minibike Honda ST 70 Dax yang kental dengan sentuhan custom.

c-TME%208.jpg

“Motor ini awalnya simpanan pemiliknya tetapi kondisinya tidak lengkap, ingin dibangun dengan style yang berbeda dari orisinal Honda Dax,” ujar Onny yang mengatakan hanya mengandalkan frame bawaan Honda ST 70 untuk mulai menggarap motor ini.

c-TME2.jpg

Areal frame ini langsung dicangkok dengan mesin copotan dari Honda Supra X125 yang masih karburator. Untuk bisa terpasang pada Honda ST harus dibuatkan dudukan baru untuk engine montingnya. Info dari Onny untuk mesinnya sudah dibore up menjadi 150cc. Weehhh banter iki Lek….!

c-TME7.jpg

Nah, yang menarik selain pada motormini ini hanya rangka saja yang masih gunakan Honda ST. Sedangkan part lainnya disubtitusi dari motor lain yang dipadukan dengan produk aftermarket.

Seperti untuk suspensi depan mengandalkan as depan milik Honda Tiger yang dikawinkan dengan tabung suspense milik Viar. “Untuk treple three custom dari bahan aluminium dural lewat proses CNC hasil kreasi Bouble H Chopper,” lanjutnya Onny.

c-%20TME6.jpg

Asiknya karena pembuatan treple three lewat proses CNC desainnya bisa dipesan sesuai selera. Seperti model segi tiga atas dibentuk sekaligus breket setang ST70 yang khas. Selain itu tersemat juga emboss TME sebagai garagenya.  

Untuk suspensi belakang andalkan Honda Tiger Revo (Tirev) dan lengan ayun aluminium produk aftermarket. 

Tampilannya terlihat lebih modern setelah dipasang pelek casting produk aftermarket berlabel Enkei untuk areal depan ukuran 12 x 3.50 dipadu dengan ban depan Delitire 12- 100/80. Untuk belakang belakang juga Enkei ukuran 12 x 4.50 dengan ban Delitire 12-130/70.

c-TME3.jpg

Nah, karena Onny juga ingin menampilkan identitasnya sebagai builder yang suka mengolah detail pada minibike ini beberapa partnya bernuansa custom. Lihat saja selongsong grip pada handlebar dan control pijakan kaki dibentuk dari proses bubut yang menguatkan ciri garapan TME.

c-TME1.jpg

Sosok minibike ini makin terlihat kekinian setelah sistem pengaman meliputi kunci dan stater aplikasi dari perangkat keyless Toyota Yaris. Kereen !

c-TME6.jpg

 The Spek :

Pemilik : Supriyanto

Karburator : Koso 34 

Oil cooler : Satria FU

Headlamp : Daymaker 5.75inch

Stoplamp   : Koso breaket by TME (steinless)

Jok   : handmade

Handgrip : Bronce by TME bahan bronze

Handle bar : Custom by TME with inner troutlle

Foot Control : Custom by TME steinless

Fender : Cutom by TME 

List frame   : Custom by TME steinless

Jokeyshift   : Custom by TME steinless

Muffler   : Custom steinless, silencer aftermarket

Pengapian : CDI BRT, koil kawahara

Cakram   : Honda Beat