Honda Tiger 2000 | Chopper ‘Minion’ Nation

Honda Tiger 2000 | Chopper ‘Minion’ Nation

Apr 15, 2021

Style chopper memang asik buat dikulik, karena pemilik motor dan buildernya tidak ada batasan untuk berkreasi. Ini karena hampir sebagian besar part yang nempel dimotor mengandalkan kreativitas hand made. Nih, kayak Honda Tiger milik M. Khoirul Anam tampilannya udah nyentrik bergaya chopper minion.

“Sebetulnya awal kepikiran bikin motor ini mau buat konsep baru biar nggak bosan dengan chopper pada umumnya,  akhirnya saya tertarik dengan konsep chopper mini,” ujar Khoirul Anam dari bengkel Nays Garage 11, Cimahi, Jawa Barat.

Menarik buat diulas karena mengarap motor mini ini juga punya kesulitan tersendiri lantaran harus memikirkan proposional serta ergonominya, karena dipakai buat orang dewasa. Kalau nggak motor hasilnya kurang sip di pandang dan nggak nyaman saat di kendarai.

Nah, bicara ergonomi pada motor pakemnya selalu berpatokan pada 3 titik. Lebih  dikenal sebagai segitiga ergonomi yakni handlebar, seat, dan bagaimana tumpuan atau pijakan kaki.

Menurut pengamatan Gastank Magazine, chopper mini ini desainnya mengambil dari model Taco Mini Bike. Motor mini dengan frame tengahnya model persegi yang di luar negeri sana (Amerika) mengandalkan rangka custom dengan mesin kecil model potong rumput.

Meskipun mengandalkan mesin Honda Tiger secara keseluruhan Nays Garage 11 mampu membuat motor Chopper mini ini bisa tampil dengan hasil akhir yang unik dan proposional.

Khoirul Anam pun bercerita kalau proses pengenrjaan motor ini mengandalkan budged yang minimalis. “Kebanyakan mengandalkan barang-barang sisa potongan di bengkel, dengan proses pengerjaan motor saya menghabiskan waktu selama 6 bulan lamanya. Jadi secara keseluruhan 80% saya mengerjakannya dengan full handmade ,” ujarnya.

Builder yang juga sebagai penggerak komunitas Chopper Nation ini mengandalkan kedua roda motor yang lebih kecil dari chopper pada umumnya. Depan pakai velg variasi ring 14 inchi sedangkan belakang andalkan velg copotan Kymco ring 10 inchi. 

Untuk pengerjaan frame mengandalkan pipa simless, untuk backbone pakai 35mm sedangkan centerbone rigid 22mm. Nah untuk fron end atau shock breker depan dipasang shock depan copotan Honda GL yang tentunya sudah di bubut sana-sini buat sesuaikan dengan framenya.

Gastankers gimana menurut lo tampilan Chopper Minion ini ..? 

Teks: Belo Foto: Amir Malika