Hot shoes Awalnya Dari Bumper Mobil

Hot shoes Awalnya Dari Bumper Mobil

Jun 26, 2020

Hot Shoes atau biasa juga disebut Steel Shoes merupakan perelengkapan ikonik pada balap Flat Track. Material pelat yang bentuknya seperti pelapis “sandal” sepatu ini terpasang sebagai alas sepatu boots bagian kiri pembalap yang terikat dengan tali.

Berfugsi untuk membatu saat ban belakang sliding mengimbangi posisi motor dengan kemiringan yang ideal agar motor tidak terhempas ke tanah.  Nah, uniknya hot shoes merupakan perlengkapan personal, masing-masing pembalap berbeda ukurannya.

Fungsi hot shoes sendiri bukan berarti mengandalkan seluruh beban rider ke kaki kiri. Justru hanya seperti berseluncur saja  agar body motor bisa miring dengan maksimal. 

Oh iya hot shoe pertama kali dipakai oleh seorang pembalap bernama Ken Maely mulai digunakan sekitar tahun 1945-1950an. Dimana saat itu alas sepatu yang kasar masih terasa belum kasimal untuk handling motornya.

Awalnya dia diambil bagian lekukan pelat bemper mobil bekas yang dibelinya seharga 50 sen yang dibentuk sebagai alas sepatu bootsnya. Sampai saat ini hot shoes digunakan untuk turun diajang balap flat track professional.

Enggak salah kalau Ken Maely disebut-sebut sebagai bapak hot shoes di lintasan flat track.

Nah, salah satu builder yang membuat hot shoes secara personal adalah Tashiyuki Osawa yang akrab di sapa Cheetah. Ditemui saat mengikuti ajang fun race flat track yang berlangsung di event Kustomfest, Jogjakarta tahun lalu.

Dia membuat sendiri hot shoes yang dipakainya dengan detail engraving yang menarik.  Banyak juga rekan-rekannya sesame pecinta balap flat track order hot shoes kepadanya.

Teks: Belo, Foto: Puja Yudistira, Istimewa