Indonesia Ride Adventure  | Rally Edukasi Dengan Navigasi Tulip

Indonesia Ride Adventure | Rally Edukasi Dengan Navigasi Tulip

Nov 11, 2020

Pentingnya pengetahuan navigasi untuk mengetahui arah saat berkendara sangat penting bagi para pecinta adventure bermotor. Biasanya saat berlangsungnya rally menggunakan navigasi tulip sebagai guide buat peserta untuk rute yang harus dilalui.

“Navigasi Peta Tulip adalah alat navigasi dasar bagi setiap rally otomotif di belahan dunia mana pun. Namun penggunaannya tidak banyak orang yang tahu. Itu lah sebabnya Indonesia Ride Adventure menggelar acara bertajuk Education Rally, yaitu semacam Fun Rally yang memberikan pelatihan cara penggunaan peta tersebut untuk mencapai titik koordinat tertentu,” jelas Jack Maulana founder Indonesian Ride Adventure.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 8 November 2020 yang lalu melibatkan berbagai komunitas  mulai dari Versys, BMwGs 310. Himalaya, Ontahood, Void, Scorpio Rally, CRF Rally dan lainnya. Event kali ini mengambil jalur start di Sentul, Jungle Land dan berakhir di Gunung Batu, Sukamakmur, Bogor. 

“Untuk rute sengaja kami  dibagi ke dalam 5 etape. Jenis lintasannya beragam, termasuk aspal, tanah liat, lumpur, makadam, gravel. Bahkan melintasi sungai jadi benar-benar komplit buat peserta untuk melewatinya,” lanjut Jack lagi.

Gelaran yang dimulai pada pukul 7 pagi dan berakhir pada pukul 12 siang ini diikuti oleh 17 tim yang terdiri dari 3 anggota. Jenis motornya pun beragam. Mulai dari matic 100cc, sport hingga dual purpose 650cc.

“Pada gelaran kali ini dalam satu tim bisa bercampur kubikasi. Tidak harus seragam. Hal ini dimungkinkan karena rally berbasis waktu, bukan kecepatan,” jelas Jack yang konsisten sejak awal sebagai penyelenggara event main tanah.

Acara ini sekaligus merupakan ajang uji coba kemampuan berkendara pada lintasan offroad. Sejalan dengan pelatihan Coaching Clinic yang sudah diadakan oleh Indonesia Ride Adventure beberapa waktu yang lalu.

Dari 17 tim, yang lolos hingga finish adalah sebanyak 16 tim. Namun hanya ada 3 tim yang menjadi pemenang, sesuai dengan kriteria ketepatan waktu atau Time Trial. Meskipun demikian, seluruh peserta merasakan kegembiraan yang sama.

"Menang atau kalah bukanlah soal. Yang penting kita bahagia bersama", jelas Arma Cantigi, salah satu peserta wanita yang rajin mengikuti acara-acara yang diselenggarakan oleh Indonesia Ride Adventure. 

Teks: Belo Foto: Indonesian ride Adventure