Indonesian Custom E-Moto Expo & Championship (ICEC)

Indonesian Custom E-Moto Expo & Championship (ICEC)

Apr 11, 2020

Kalau biasanya beberapa brand motor dan sepeda listrik hanya mendisplay atau test ride produknya. Nah,  saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 mendatang kendaraan listrik ini bakal dikemas berbeda dan tentunya lebih menarik buat para pengunjug IIMS 2020. Ajang yang semula berangsung  di JIExpo Kemayoran, 9-19 April dan sudah dipastikan diundur karena pengaruh pandemic Covid19.

Berbeda kemasannya lantaran  tahun ini IIMS menyiapkan konten Indonesian Custom E-Moto Expo & Championship (ICEC). Ini menjadi kontes modifikasi kendaraan listrik pertama di Tanah Air. Acara ini dijanjikan akan menarik peserta dan pengunjung.

Nantinya sebanyak 33 kendaraan niremisi yang sudah dicustom bakal mengisi deretan motor yang akan di display dai lombakan di area JIExpo Kemayoran.  Hasil garapan para builder dan modifikator tentunya bakal membuat tampilan kendaraan listrik ini memiliki wujud berbeda dengan versi standar.

“Pada ICEC ini kami menghadirkan dua kelas, Freestyle dan Enthusiast Class dengan konsep modifikasi seperti kelas FFA (Free for All). Nah, untuk Freestyle Class kendaraannya kami sediakan. Jumlahnya ada 14 unit,” kata M Fachrudin, Project Manager IIMS 2020.

Ia mengatakan saat ini sudah ada 12 peserta mengkonfirmasi keikutsertaannya mengoprek kendaraan ramah lingkungan itu. Caranya juga unik. Pihak modifikator tak bisa pilih unit sendiri, alias harus diundi. Dengan kata lain mereka harus siap menggarap motor jenis apapun yang didapat.

Beberapa builder tanah air sudah terpilih dan tercatat namanya untuk mengikuti Freestyle  Class yang kendaraannya disediakan oleh pihak panitia. Seperti Brenk Motorcyclops,  Hantu Laut Kustom, GTX Motorcustom, V-Twin Garage, Dinov Garage, Ivan Bengkel Custom, Univ Budi Luhur, Dog Shelter Custom, Katalis.ID, SBS Garage, Saikin Garage, Magned Two & Co.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan slot peserta di kategori kedua pun sudah terisi penuh. “Ini adalah buat yang punya kendaraan sendiri, berarti 19 peserta dan juga sudah full. Terima kasih kepada Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia (KOSMIK) dan Djoko Iman Santoso, selaku Official ICEC yang bisa menjembatani agar kegiatan ini bisa berjalan. Dan, tentu saja partisipasi rumah modifikasi serta universitas,” lanjutnya.

Oh iya, bila pengunjung tertarik motor-motor listrik custom yang didisplay ini,  bisa meminang salah satu diantaranya. “Khususnya untuk kendaraan yang kami provide (14 unit), bisa dimiliki pengunjung IIMS. Tapi bukan dengan sistem beli, namun lewat proses lelang. Penawaran dengan harga terbaiklah yang berhak membawanya pulang,” tutup Rudi. 

Teks: Olebelo Foto: IIMS