International Supermoto Ride Day 2019 Tangerang Chapter

International Supermoto Ride Day 2019 Tangerang Chapter

Mar 31, 2019 Event

International Supermoto Ride Day (ISRD) 2019 kembali digelar serentak di seluruh dunia yang tahun ini jatuh pada 31 Maret 2019. Event berkendara motor supermoto yang diprakarsai Supermoto Magazine Australia ini untuk di Jakarta, dipercayakan kepada Supermoto Indonesia (SMI) sebagai penyelenggaraannya.

Dikarenakan alasan jarak dan jumlah peserta yang kian bertambah, acara pun dibagi berdasarkan chapter. Jakarta, Bogor dan Depok digelar di Jakarta, sementara seluruh bikers di Provinsi Banten mengambil Astra Biz Center, BSD.

Di Banten sendiri diadakan oleh SMI Chapter Tangerang. Setidaknya, ada 800-an bikers dari  26 komunitas maupun perseorangan se-Provinsi Banten menghadiri gelaran ini. Acara dimulai dengan sunmori start sejak pukul 6.30 WIB dari Puspem Kota Tangerang dan finish di Astra Biz Center.

ISRD sendiri diadakan dengan tujuan mengajak seluruh pengendara Supermoto untuk mempromosikan budaya Supermoto, memperkenalkan apa Supermoto pada masyarakat luas dan membudayakan tertib lalu lintas kepada pengguna roda dua lainnya.

Dijelaskan oleh Haris Fadilah, Ketua SMI Tangerang Chapter, “tahun ini untuk pertama kalinya Chapter Tangerang membuat sendiri setelah sebelumnya ikut di Jakarta. Tujuannya sih bukan memisahkan diri, tapi untuk mempermudah anak-anak yang ikut dari pesisir Banten agar tidak terlalu jauh”.

Di lokasi, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti "ngecrek" dan santunan yatim piatu, freestyle  dan games. “Astra Biz Center kita pilih karena lokasinya yang berada di pusat Kota Tangerang, tempatnya luas dan dia juga support dengan acara kita,” imbuh Haris.

Untuk Indonesia, ISRD dalam waktu bersamaan juga diselenggarakan di beberapa pulau lain seperti di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Batam, dan lainnya oleh berbagai komunitas dan klub Supermoto. Sementara secara internasional ISRD berlangsung di Brazil, Hongkong, Taiwan, Amerika Serikat, Slovakia, Swedia, Belanda dan lainnya untuk riding bareng di tanggal yang sama.

“Alhamdulillah di event pertama ini pesertanya melebihi ekspektasi. Kalau melihat antusiasnya begini, tahun depan bakal diadakan kembali di Tangerang sampai tahun-tahun berikutnya,” pungkas Haris.

Teks: Wildaf, Foto: Ardhy Kencana.