KemenParekraf Dukung Program Jelajah Wisata Nusantara

KemenParekraf Dukung Program Jelajah Wisata Nusantara

Mei 25, 2021

Wisata bermotor menjadi solusi yang tepat untuk menjelajah keindahan dan keragaman budaya di Indonesia. Seperti yang terungkap dalam perbincangan

yang menarik di hari Sabtu, 22 Mei 2021, yang diprakarsai oleh Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) menggelar Webinar Nasional untuk sebuah program bernama "Jelajah Wisata Nusantara (JWN)".

Merupakan sebuah program yang didedikasikan untuk mengembangkan platform wisata otomotif sebagai bagian dari industri pariwisata Indonesia. Sesi webinar nasional tersebut juga dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, serta pejabat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk bisa melihat dan mendengarkan langsung paparan konsep program JWN.

Program Jelajah Wisata Nusantara akan berlangsung selama 13 seri, dimulai dari tanggal 28 Oktober 2021 sampai seri terakhir pada tanggal 10 November 2023. Menjelajah lebih dari 1.850 desa, 451 Kabupaten dan 30 Propinsi di Indonesia.

"Ini bukan hanya sebuah perjalanan touring bermotor, tapi ini adalah sebuah program yang akan bersinergi secara kuat dengan komunitas roda dua di seluruh tanah air, masyarakat lokal di setiap daerah, seluruh pelaku wisata dan para pelaku ekonomi kreatif. Satu hal yang keren adalah program ini akan bisa menyerap serta memberikan begitu banyak informasi tentang spot-spot dan destinasi-destinasi indah di Indonesia", begitu disampaikan Donny Ariyanto selaku Founder DiscoveRide Indonesia dan juga Wakil Ketua Umum PWOI saat sesi Webinar Nasional kemarin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, juga ikut memberikan tanggapan dan masukan terhadap program Jelajah Wisata Nusantara. 

"Kegiatan ini bisa membangkitkan semangat untuk berkembang, karena dengan keterbatasan KemenParekraf ditengah Covid-19 dengan begitu minimnya sarana kami berpromosi dan menyentuh kegiatan event yang sangat dibutuhkan dalam protokol kesehatan, teman-teman DiscoveRide Indonesia dan Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia berkeinginan untuk berkolaborasi menggagas event Jelajah Wisata Nusantara, tentu hal ini membuat kami sangat bahagia dan sangat kami apresiasi. Dan dengan segala keterbatasan kami akan memberikan dukungan karena program ini penuh dengan keunikan, kearifan dan budaya yang bisa memperkaya khasanah dunia pariwisata Indonesia, sekaligus juga bisa menjadi sarana mempromosikan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment). Program ini juga bisa men-discover jati diri kita sebagai bangsa, mari kita jaga Indonesia dan bangkit pariwisata Indonesia", ungkap Bapak Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan masukan mengenai program JWN.

Program JWN ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) dan langsung menyatakan siap berkolaborasi dengan DiscoveRide Indonesia. Melalui Ketua Umum-nya, Rezza Artha, disampaikan bahwa banyak sekali kegiatan yang hanya Informing People tapi minim yang bisa Involving People. "Ini sebuah program yang sangat luar biasa, di mana program ini bisa memberikan manfaat besar dari segi peningkatan ekonomi masyarakat, terutama dalam industri pariwisata. Dan kami yakin dengan kita melakukan empowering maka program ini akan bisa dirasakan masyarakat luas, terpenting juga bagi teman-teman komunitas roda dua dan bisa terus berkelanjutan", ungkapnya saat kami melakukan diskusi dengan beberapa orang pengurus PWOI.

Kegiatan Webinar Nasional ini dihadiri sekitar 100 orang peserta dan banyak di antara yang hadir adalah petualang roda dua, rekan-rekan komunitas roda dua, pelaku wisata dan juga pelaku ekonomi kreatif.

Nah, nantinya program Jelajah Wisata Nusantara adalah akan hadirnya sebuah aplikasi wisata digital berbasis wisata otomotif, tujuannya tercipta sebuah ekosistem baru melibatkan banyak stakeholder, baik itu seluruh komunitas roda dua dan roda empat, pengelola tempat wisata, pelaku ekonomi kreatif dan lain-lain.

Tidak ketinggalan juga akan muncul lebih banyak destinasi-destinasi atau spot-spot baru yang bisa dipromosikan untuk menjadi pilihan baru bagi banyak orang. Sesuai dengan tagline dari program JWN, "Menemukan Destinasi Wisata Lokal Kelas Dunia".

DiscoveRide Journey, sebuah aplikasi digital yang akan segera rilis dan bisa menjadi salah satu panduan untuk memilih tempat-tempat wisata. 

Teks: Belo Foto: DiscoveRide Journey