King Acan dan Ricorder Pameran Di China

King Acan dan Ricorder Pameran Di China

Jun 28, 2020

 Sesama seniman memang harus saling support. Kaya King Acan dan Ricky ‘Ricorder’ yang baru-baru ini ikut menyumbang karyanya buat dipajang di sebuah pameran di pagelaran Chicheng Tattoo Festival di salah satu kota yang berkembang pesat di Chengdu, China berlangsung 16 - 24 Juni 2020 lalu  waktu lalu. Begini cerita dari keduanya.

Acan: “Cerita awalnya sebenernya gue udah kontak-kontakan sama si Zou Yang (penyelenggara) dari saat SAIME tahun lalu. Dia cerita punya semacam kolektif di China dan bakal buat pameran. Katanya, dia mau ngelebarin sayap di Asia dulu. Terus dia nanya-nanya tentang scene custom di Indonesia.

Rencananya, Desember kemarin dia mau ke sini (Indonesia) tapi kondisi masih covid. Akhirnya batal tapi kita tetap keep in touch. Maret lalu dia mau ke sini tapi di sini justru lagi lockdown, dia bilang di sana justru udah in control banget. Dia bilang mau ngadain pameran di Kota Cheng Du, dan dia ngajak seniman-seniman underground di China dan beberapa dari Asia buat ikut majang karyanya di sana”. Ahirnya kita putuskan buat support dalam bentuk pajang karya dan gue ajak Ricky ‘Ricorder’ (Solo). Kita kirim filenya dalam bentuk soft copy, semua kepengurusan dan develop tema, Zou yang urus.

Pameran seni ini digelar rutin tiap bulan di Chicheng Space (semacam alternative space) di distrik Cheng Du, China. Karya kita didisplay belum lama, sekitar dua minggu lalu barengan sama Chicheng Tattoo festival dan dipajang sekitar 2 mingguan di sana.

Nah yang gue kaget, ternyata di China ada yang ‘main motor’ di sana. Anak rebelnya banyak. Secara yang gue tau susah buat main motor tua di sana, punya motor tua itu pajaknya gede banget atau malah dilarang negara. Tapi anak-anak itu main karena mereka outlaw, gitu-gitu lah.

Sementara untuk gambar, gue pajang 6 design. Kita dikasih 3 wall yang dibagi berdua sama Ricorder. Nggak ada tema khusus, Zou Cuma bilang di pameran perdana ini, karya-karya ini cuma untuk up profile kita doang di China. Makannya gambarnya pun masih beragam nggak cuma motor, ada mobil, sepeda, sama monster. Next-nya nanti mungkin ada project lain. Kalau tema Easy Rider, itu mereka yang bikin.

Oiya selain dipajang, ada juga artwork yang dijual untuk China market only yang lagi-lagi semua mereka yang urus, tapi untuk yang satu ini kita dapat kompensasi. Kata Zou, jualan poster di sana laku karena anak mudanya banyak yang tinggal di apartemen. Yang pasti sih gue seneng aja bisa support di acara mereka. Sesama seniman aja.

Ricorder: “Aku kirim 5 karya design yang pernah aku buat untuk dipajang. Pilihnya random aja. Karena emang dibebasin tanpa tema. Di sana juga ada design-design kita yang dijual dan ada bagi hasil di setiap artprint yang terjual. Intinya sih aku seneng bisa support di acara seni sesama seniman. Apalagi ini beda negara, pastinya untuk pertemanan”.

Teks: Wildaf, Foto: Istimewa.

@king_acan @ricorder_ @zouyanggold @chicengtattoofest.