Kisah Rolland Free, Pria di Balik Gaya “Rollie”

Kisah Rolland Free, Pria di Balik Gaya “Rollie”

Jan 24, 2019 History

Gambar di atas adalah salah satu foto paling terkenal dan legendaris sepanjang sejarah dunia motor. Seorang laki-laki yang berbaring tengkurap pada motor yang sedang melaju kencang, dan mencatat rekor balap dunia dalam Bonneville Salt Flats - Utah pada tahun 1948.

Gaya ‘slengeannya’ memang sangat beresiko, namun di sisi lain sangat mengasikkan bagi sebagian pecinta kecepatan, kebebasan, terutama saat berkendara bebas. Tak heran, jika style “Rollie” yang ikonik ini banyak diikuti oleh bikers di seluruh dunia.

Meet Rolland “Rollie” Free

Ialah Rolland Free, pria di balik style “Rollie”. Free (18 November 1900 - 11 Oktober 1984) adalah pebalap motor yang terkenal karena berhasil memecahkan rekor kecepatan sepeda motor Amerika di Bonneville Salt Flats, Utah pada 1948. Ia sangat fenomenal karena aksinya yang tertangkap kamera saat balap dengan gaya tengkurap dan hanya mengenakan pakaian renang.

Awal karir di dunia motor, ia menjadi pebalap regional pada 1920-30-an dengan Indian Motorcycle. Pada 1923, Free mencoba balap motor nasional pertamanya, the 100-Mile National Championships di Kansas City, namun tak lolos. Dia kemudian mengembangkan karir di event jarak jauh dan turun balap untuk pertama kali pada Daytona 200 di Daytona Beach Road Course tahun 1937. Ia juga mengikuti American Motorcyclist Association Class C speed dengan mencatat 111.55 mph di Daytona pada 1938 dengan Indian Chief.

c-6-18.jpg

Selanjutnya Free bergabung dengan Army Air Force sebagai petugas pemeliharaan pesawat selama Perang Dunia Ke-2; selama masa ini, ia ditempatkan di Hill Field di Utah, di mana ia pertama kali melihat Bonneville Salt Flats. Pada 1945, Free memutuskan untuk meninggalkan Angkatan Udara dan melanjutkan balap dengan Indian Motorcycle serta balap dirt track dengan Triumph.

Hari bersejarah akhirnya tiba bagi Free. Pada pagi 13 September 1948, Free mencatat rekor pertamanya dengan mengendarai Vincent Black Lightning HRD yang dimiliki oleh John Edgar dan disponsori oleh Mobil Oil, dengan mencatat kecepatan 150.313 mph (241.905 km/jam). Motor ini dicustom khusus dari pabrik dan beratnya sekitar 100 pound, termasuk penggunaan beberapa part tambahan untuk pertama kalinya pada produk Vincent, yaitu shock absorber belakang, Mk II racing cams, dan karburator balap yang dipasang secara horizontal.

c-7-27.jpg

Yang mengejutkan, Free mengambil gaya berbaring tengkurap di sepanjang body motor hingga ke belakang, tujuannya untuk meminimalkan hambatan angin dan menempatkan lebih banyak beban di atas roda belakang.

Fyi, untuk protector dan kenyamanan ketika dalam posisi seperti itu, Free sebenarnya telah membuat pakaian khusus. Namun pakaian berbahan leather tersebut robek saat putaran pertama pada 147 mph (237 km / jam), ia kemudian membuangnya dan melakukan upaya terakhir, tanpa jaket, tanpa celana, sarung tangan, sepatu boot, bahkan ‘membuang’ helm.

Ia berbaring di sepeda motor dengan hanya mengenakan celana renang, shower cap, dan sepasang sepatu olahraga pinjaman - yang terinspirasi oleh temannya, Ed Kretz. Kejadian ini akhirnya bukan hanya menjadi catatan, gambarnya dengan aksi tersebut menjadi foto paling terkenal dalam sejarah sepeda motor. Bidikan "bathing suit bike” tersebut diambil dari mobil yang melaju kencang di sampingnya.

Free kemudian pindah ke California dan setelah karir balapnya pudar, ia bekerja di industri service auto. Rolland Free meninggal pada tahun 1984 dan secara anumerta, dimasukkan dalam Motorcycle Hall of Fame pada tahun 1998.

Teks: Wildaf, Foto: Americanmotorcyclist, Readmeta.