Kustomain 2020 | Motorcycle Inspection Road Show !

Kustomain 2020 | Motorcycle Inspection Road Show !

Sep 28, 2020 Event

Motorcycle Inspection yang menjadi tema Kustomain 2020 sudah bergulir sejak awal bulan September 2020 lalu.

“Tahun 2020 ini ajang Kustomain dihambat dengan pandemic covid 19, tetapi tidak menghambat niat untuk terus bergerak mengangkat karya kreatif para builder dan seniman,” Cristo Valenvira Putra salah satu pendiri Kustomain.

Jadi Kustomain 2020 tetap dengan mendatangi para builder di Sulawesi Utara untuk melihat langsung karya mereka dengan tujuan yang sama yaitu mengangkat karya mereka.

“Road show menyambangi builder-builder ini dimulai tanggal 5 September 2020 tim akan berangkat di kota pertama kota Kotamobagu dan terus melakukan perjalanan  mengelilingi seluruh kota di Sulawesi Utara sampai tanggal 25 September 2020,” lanjut Ito sapaan akrabnya.

Konten ini merupakan sebuah bentuk apresiasi karya seni untuk para builder dan kreatif kustom, dengan mendatangi mereka diberbagai penjuru pelosok Provinsi Sulawesi Utara untuk meliput karya mereka dan sedikit mewawancarai para kreatif kustom ini tetap support mereka saat pandemic seperti ini.

Perjalanan kami mulai dari tanggal 5 September 2020 start dari Kota Manado melewati rute Tinoor - Tomohon - Leilem -  Kawangkoan - dan sampai di Tareran untuk mengunjungi sebuah garasi kecil di tengah desa bernama Twins Garage yang karyanya identik dengan motor tanah atau flattrack dan trail lawas.

Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kota Kotamobagu melewati Amurang - Motoling - Tompaso Baru - Modoinding sambil menikmati dingin udara sejuk pegunungan dan indahnya danau moat. Asyiknya tim Kustomain menyempatkan camping di pinggir danau sambil bercerita dengan penduduk sekitar.

“Ternyata kita baru sadar penduduk sekitar sering gunakan motornya untuk membawa hasil bumi termasuk jenis motor kustom yaitu tracker yang sudah

ditambah bracket dan panier di sisi belakang motor sebagai tumpuan untuk meletakkan hasil panen mereka,” cerita Ito.

Besoknya tim melanjutkan kembali perjalanan ke Kotamobagu. Tujuannya  menyambangi sebuah workshop bernama Komodo Custom yang merupakan sebuah

workshop komunitas KOMODO (Komunitas Motor Doeloe) yang berdiri pada tahun 2013.

Perjalanan mengelilingi Sulawesi Utara terus berlajut ke kota Bitung, kota Tomohon dan berakhir di kota manado lagi dengan jarak tempuh kurang lebih 15 hari perjalanan.  Di Tomohon mereka sambangi garage Papank Custom Garage dan Patola Custom. Sedangkan di kota Bitung ada Gibi Motor dan di Manado ada  Daong Lemong Garage, Timur Garage yang dimampiri

“Harapannya dari journey yang kami lakukan masyarakat kustom dan masyarakat umum tentunya bisa menerima misi perjalanan ini agar mindset  anak motor atau bikers sulawesi utara tentang touring dan berkendara bisa lebih terkonsep dan mempunyai tujuan serta memiliki arti bagi masyarakat,” urai Ito.

Nah, klimaks dari movement Motorcycle Inspection yang digarap oleh Kustomain 2020 ini mereka memberikan penghargaan dengan memilih motor-motor custom terbaik garapan builder tersebut.  

Secara langsung tim Kustomain akan memilih motor dan memberikan penghargaan berupa 6 pick award. Selain tentunya dari Kustomain juga didukung oleh movement motoran lainnya yang ikut support yaitu Customland, BBQ Ride, Keluar Main, Tagara Motofest, dan dari Gastank Magazine.

Selain itu, Kustomain juga turut mengajak collective motorcycle dari kota daeng Makassar yaitu "Keluar Main" dan Tagara Motofest dari kota Palu akan memeriahkan dengan memberikan apresiasi berupa pick award 1 motor terbaik dari hasil karya garage yang sudah disemabngi.  

“Sukses gelaran ini Support dari brand ternama dari Amerika Von Dutch, juga didukung brand lokal lainnya ada Elders Company, Northy, Kaboa Motocraft, dan Exodos 57 juga ikut menjadi saksi dari kisah cerita perjalanan kami selama 15 hari mengitari provinsi nyiur melambai ini,” lanjut Ito.

Harapan dari perjalanan ini adalah agar karya para builder tetap semangat berkarya di tengah pandemic ini. Sehingga pergerakan kustom culture di pulau Sulawesi bisa berkembang untuk kedepannya sehingga kustom kulture berkembang dan meluas seluruh Indonesia dengan warna yang beragam.

"Untuk pick award rencananya kita umumkan nanti di awal Oktober 2020 saat ini kita sedang siapkan tempat untuk prosesi penyerahannya," tutup Ito

Teks: Belo Foto: Kustomain