Lelang Karya Restorasi Motor by Mastomcustom Akan Dipercepat

Lelang Karya Restorasi Motor by Mastomcustom Akan Dipercepat

Ags 30, 2019 Hangout

Belum sampai seminggu karya-karya yang ditampilkan dalam pameran tunggal senirupa Tommy Dwi Djatmiko yang akrab disapa Mastomcustom, diminati banyak kolektor. Hal ini ditandai dengan stiker berwarna hijau yang artinya reserved dan stiker berwarna merah tandanya sold.

Salah satu contohnya, karya lukis tahun 2019 yang berjudul "Gedung Sate" dengan media akrilik pada kanvas yang ditandai stiker berwarna hijau, menceritakan pengalaman Mastomcustom jalan-jalan di Bandung utara dan timur.

Lukisan tersebut menceritakan kedahsyatan motor yang dimilikinya sejak duduk di bangku kuliah Seni Rupa ITB tahun 96, serta menuliskan betapa hebatnya sensasi tenaga mesin dua tak yang masih bisa melesat di tanjakan bukit terjal.

Lukisan Mastom juga memiliki kekhasan yang dilabur dengan warna-warna yang "menghibur". “Bagi saya ini pengalaman yang menarik karena di tahun motor itu keluar pertama kali (1991) sangat populer dan sering digunakan orang untuk balap liar di sekitar Jalan Supratman, Gasibu, seberang Gedung Sate Bandung pada malam Minggu,” kata Mastom.

Karya berikutnya adalah lukisan berjudul "Passion on Board/5513" dibuat tahun 2019. Terlihat sudah ditempel stiker merah oleh pengelola Galeri Yuliansyah Akbar, tempat Mastom berpameran. Karya ini mengisahkan pengalaman emosional seniman tersebut saat merestorasi sepeda motor "silent teacher"-nya

"Passion on board/5513 ini sejak pameran dibuka, sudah ada yang berminat dan langsung menghubungi pihak galeri," imbuh Esti Hapsari, Gallery Manager Galeri Yuliansyah Akbar - Bandung.

Sementara karya lain yang juga paling menarik perhatian dan sedang dalam proses lelang adalah restorasi sepeda motor Suzuki Type FR80 1978. Karya ini dilengkapi surat-surat kendaraan dan tertera kepemilikan atas nama seorang veteran Indonesia sekaligus guru gambar era 70-80-an yang tak lain adalah Alm. Tino Sidin.

Rencananya, lelang karya instalasi ini akan dipercepat penutupannya yang semula 15 September menjadi 11 September 2019. Saat ini bidding sudah mencapai angka lebih dari Rp 30 juta.

Rencananya, karya-karya ini akan diikutsertakan dalam roadshow pameran yang berlanjut di Bali dan Jakarta. Pameran bertajuk “Riding with The Wind: A Motorcycle Diaries by Mastomcustom” masih berlangsung sejak 16 Agustus - 15 September 2019.

Kegiatan ini yang bersifat terbuka untuk umum tidak dipungut biaya, dan bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 12:00-20:00wib di Galeri Yuliansyah Akbar, URBANE Indonesia –Bandung.

Teks: Wildaf, Foto: Istimewa.