LiveWire, Moge Listrik Pertama Harley-Davidson Segera Dipasarkan 2019

LiveWire, Moge Listrik Pertama Harley-Davidson Segera Dipasarkan 2019

Nov 09, 2018 New Bike

Pameran otomotif bergengsi EICMA 2018 di Milan - Italia, menjadi saksi kelahiran motor listrik pertama Harley-Davidson (H-D), LiveWire. Sebelumnya prototype LiveWire pertama kali ditampilkan pada tahun 2014.

Meski terlahir sebagai electric vehicle (EV), LiveWire tak kehilangan ciri khas Harley-Davidson, yakni hadir dengan genre sport-cruiser yang kekar. Motor ini mendapat teknologi pengecatan terbaru, sehingga membuat kelir bodi mirip hasil pekerjaan parts anodized.

HD Livewire dipersenjatai baterai lithium-ion berkapasitas 12 Volt, yang juga untuk sumber tenaga lampu utama, instrument display, kontrol, dan juga klakson. Daya listrik disimpan dalam sel lithium-ion dan dikelilingi pelindung alumunium. Pengisian daya dilakukan dengan on-board tingkat 1 yang terletak di bawah kursi, atau DC Fast Charge (DCFC) charger level 2 atau 3.

Meskipun spesifikasi kecepatan motor listrik ini masih dirahasiakan, motor ini kabarnya mengandalkan motor listrik bertenaga 74 Tk dengan torsi maksimum mencapai 70 Nm. Dapur pacu tersebut memiliki kecepatan maksimal 148 km/jam dan ditopang oleh sasis perimeter aluminium cor ringan.

Model LiveWire juga dirancang untuk menghasilkan suara smooth, mewakili motor listrik H-D. Kinerja Powertrain dimaksimalkan oleh sasis aluminium, dengan suspensi dari Showa® BFRC-lite®.

Sementara kaki-kakinya dipersenjatai Michelin Scrorcher 120 mm depan dan 180 mm belakang. Untuk meningkatkan kontrol dan performa, seri ini dilengkapi dengan kaliper rem depan Brembo Monoblock berdiameter 300 mm, serta Antilock Braking System (ABS) dan Traction Control System (TCS).

Kerennya lagi, pengendara juga bisa menyesuaikan kinerja LiveWire dengan 7 riding mode, di mana 4 mode ditetapkan sebagai standar pabrikan dan 3 mode lainnya bisa ditentukan sendiri oleh pengguna. Di sisi teknologi, layar TFT touch screennya bukan hanya menampilkan speedometer, namun juga bluetooth, navigasi, musik dan banyak lagi.

Sayangnya, Harley-Davidson LiveWire baru mulai dijual tahun depan. Sementara harga berikut pemesanannya (pre-order) baru akan dibuka mulai Januari 2019 mendatang.

Teks: Wildaf, Foto: Overdrive, Harley-Davidson, Engadget.