Main Flat Track Bareng  Toshiyuki

Main Flat Track Bareng Toshiyuki "CHEETAH" Osawa

Okt 11, 2019 Event

Ajang balap fun Flat Track Race menjadi konten baru dalam gelaran tahunan Kustomfest 2019 yang berlangsung pada 5-6 Oktober di Jogja Expo Center (JEC) beberapa waktu lalu. Areal belakang gedung JEC disulap menjadi  arena balap Flattrack dengan lintasan oval sepanjang 160 meter.

Kebetulan banget Saya mewakili Gastank Magazine juga diundang khusus oleh pihak penyelenggara untuk menyemarakkan balap fun race ini. Bergabung dalam kelas Star Racer bersama dengan teman-teman mekanik, builder, dan influencer yang hadir dari berbagai kota yang ngegas motor andalannya.

“Kami ingin menghadirkan ambience balap flat track yang sesungguhnya, mengedukasi custom enthusiast dengan menghadirkan lintasan oval yang kita buat sesuai standar balap. Untuk pengamanan sepanjang ujung lintasan dikelilingi gentong plastic besar yang berisi air,” sebut Yayack Priyo Wibowo selaku Kustomfest Flat Track Race Director.

Event perdana Kustomfest Flat Track Race ini melombakan sembilan kelas, satu kelas spesial dan delapan kelas reguler. Kategorinya dibagi menjadi horizontal engine, vertical engine, vintage V engine, dan vintage bike. Race berlangsung sebanyak lima putaran saat babak penyisihan dan tujuh putaran pada babak final.

Salah satu yang menarik dalam Flat Track Race ini pihak Kustomfest mendatangkan tamu special yakni Toshiyuki Osawa atau yang terkenal dengan sebutan “Cheetah” Cheetah Custom Cycles dari Jepang. Cheetah merupakan builder yang juga menggeluti balap custom flat track di negaranya. “Pada event perdana ini kita support acara Kustomfest Flat Track Race,” ujar Porto Rio owner Bulls Syndicate dari Solo.

Awalnya Cheetah hanya diberi kesempatan untuk demonstrasi mengelilingi lintasan dengan motor yang sudah disediakan. Mengandalkan motor yang sudah disiapkan oleh Galih dari Axial Garage. “Basic mesinnya Honda Tiger motor yang biasa gue pakai juga untuk balap dan adventuran,” urai builder asal Ciledug, Tangerang, Selatan ini yang sempat begadangan siapkan motor.

Memasuki lintasan balap Cheetah langsung mengelilingi lintasan, satu putaran sekaligus mengecek sirkuitnya. Pada putaran selanjutnya pecinta kucing ini mulai menggeber motor dan bermanuver saat memasuki lintasan oval dengan merebahkan motornya yang menjadi style gaya flattrack.

Sayang tidak sepenuhnya lintasannya rata, masih ada beberapa titik pada tikungan yang sedikit bumpy membuat Cheetah kesulitan untuk memaksimalkan trik menikungnya. “”Sirkuitnya sudah oke buat safetynya juga sudah memadai, tapi masih ada sedikt bumpy di tikungan. It’s Ok untuk event perdana,” ujarnya.

Inisiator komunitas Have Fun Flat Track di Jepang yang mengandalkan motor custom Flat Track dengan mesin tidur 150cc ini terlihat menikmati balap selama 5 race. Malah dirinya sempat masuk babak semi final yang membuat pengunjung terhibur dengan aksinya.

Sukses buat Kustomfest 2019, semoga tahun depan balap Flat Track Race makin digemari custom enthusiast di Tanah Air dan banyak lagi event-event lain yang lahir !

Hasil Perlombaan

1. Moto Mini

- Juara I : Odye (Yogyakarta)

- Juara II : Joki Temax (Demon Racing)

- Juara III : Adin (Brews Racing Team) – Sidoarjo

2. Horizontal Cub Under 150cc

- Juara I : Dewa Gemblonk (Arsenic Tech DirtKustom)-Yogyakarta

- Juara II : Agus Setiawan (Blitar)

- Juara III : Boy Engine (Solo)

3. FFA Horizontal Engine

- Juara I : Dhany (DCC Garage) – Yogyakarta

- Juara II : Kawan Santosa (Winnation Jackal Triad) – Yogyakarta

- Juara III : Ocy Pamungkas (Tawon Lanang Scooter) – Yogyakarta

4. Vertical Engine Under 150cc

- Juara I : Dewa Gemblonk (Arsenic Tech DirtKustom)-Yogyakarta

- Juara II : Eko Setyabudi (Ayam Cablek ft Gidas Apparel) – Yogyakarta

- Juara III : Arya Kete (Samigaluh x Rider Aspal Yang Sama) – Yogyakarta

5. Vertical Engine 151cc – 250cc

- Juara I : Alif Tantowi (Dangdut Alas) – Blitar

- Juara II : Dewa Gemblonk (Arsenic Tech DirtKustom)-Yogyakarta

- Juara III : Eko Setyabudi (Ayam Cablek ft Gidas Apparel) – Yogyakarta

6. FFA Vertical Engine

- Juara I : Alif Tantowi (Dangdut Alas) – Blitar

- Juara II : Dewa Gemblonk (Arsenic Tech)-Yogyakarta

- Juara III : Arya Kete (Dirt Kustom Aspal Yang Sama) – Yogyakarta

7. Vintage V Engine under 1980s

- Juara I : Mr. Belo (Gastank Magazine) – Jakarta

- Juara II : Mr. Dika Andika (Patiunus) – Jakarta

- Juara III : Mr. Maldo (BBQ Ride) – Bandung

8. Vintage under 1980s up to 500cc

- Juara I : Mr. Daus (BBQ Ride) – Bandung

- Juara II : Mr. Didot (BBQ Ride) – Bandung

- Juara III : Mr. Adit (Bulls Syndicate) – Solo

9. STAR RACER by INVITATION

- Juara I : Mr. Maulana Sandi (Barokah Djaya) – Bandung

- Juara II : Mr. Reza SS (Patiunus X Gator) – Jakarta

- Juara III : Mr. I Wayan Tigana (SameShit) Bali

Teks: Oleb, Foto: Ghifara Prayudha, Puja Yudhistira, Bulls Syndicate.