Makin Matang. Ini Keseruan Customland Tahun Ke-6 Surabaya

Makin Matang. Ini Keseruan Customland Tahun Ke-6 Surabaya

Nov 26, 2018 Event

Perhelatan ke-6, Customland 2018 berlangsung meriah. Acara custom culture Surabaya ini digelar saru hari, Sabtu, 24  November 2018 bertempat di Geldboom Jl. Dr Ir H Soekarno 34, Surabaya.

Seperti gelaran sebelumnya, Customland 2018 diisi dengan beragam konten khas acara permotoran. Tempat acara yang mengusung house of container, menjadi sangat pas dengan acara yang memadukan unsur otomotif dan edukasi ini.

Customland 2018 berikiskan Motorcycle, cars, bicycle & art custom show, sparepart & market place, Pinstripe, lettering, gaffity & diecast workshop, games, talkshow, music performance and culinary.

Namun lebih dari sekedar menampilkan konten baru, Foundernya, Pras Dwi Prasetya, mengatakan jika Customland lebih merunut sebagai ajang edukasi custom culture.

“Visi misi Customland adalah edukasi dalam dunia custom culture terutama di Surabaya. Target menambah konten dari tahun ke tahun selalu ada, tapi yang terpenting adalah kematangan untuk menghadiri acara Customland itu sendiri. mematangkan hasrat orang tehadap pergerakan tentang dunia custom, ada peningkatan dari sisi keilmuan, dan pertemanan yang makin luas. Makannya memang saya tidak membuat tema, karena buat saya sekarang ini, lebih pada totalitas dalam gelaran,” jelas Pras.

Dari pintu masuk utama, berderet pinstripe, lettering and painting workshop dari beberapa seniman seperti @loserkillpaintwork @flyingfast_paintwork @nova.tigabelas @twist_paint @fahmidhanny @ans_customandpaintwork @locomiilo @ido.ins @choirulfadh @anggiheru @welas_asi dan @rawdye_

Sementara area tengah, menjadi tempat display untuk custom bike and scooter, dan menjadi area utama gelaran. Terpajang sekitar 80-an motor custom dan scooter dari berbagai garage di Surabaya, Semarang, Solo, Jogja dan Jakarta. Display Bike ini terbagi dalam kelas Chopper, Cafe Racer, Tracker, Choppy Cub, dan Scooter. Pada masing-masing kelas, terpilih satu motor menjadi “The Best Pick" Customland VI yang dipilih oleh perwakilan dari Retro Classic Cycles (Yogyakarta), Brenkstyle (Jakarta), Coffee Gasoline (Solo), Coba-Coba Custom (Jakarta), dan Indonesia Vespa Day.

Sore harinya, digelar Sharing Session dengan pembahasan masa depan custom culture Tanah Air dari para pembesut event di beberapa kota. Seperti Lulut Wahyudi (Kustomfest), Dimashito (Chopper Kampung), Fendy Aris (Burnout) dan Customland itu sendiri.

Event yang digelar free tiket masuk ini terus bergulir hingga pertengahan malam. Bahkan di malam hari, pengunjung makin terus berdatangan dan memenuhi area gelaran. Di penghujung event, sajian musik dari band lokal; Blingsatan, Crucial Conflict, X60 Jaran, dan Dindapobia, menutup semaraknya gelaran Customland ke-6 ini. Sampai jumpa Customland 2019!

Teks: Wildaf, Foto: Jordan Haikal.