Motor Besar Indonesia | Sosialisasi 4 Pilar MPR

Motor Besar Indonesia | Sosialisasi 4 Pilar MPR

Feb 11, 2020

Motor Besar Indonesia (MBI) akan menggelar acara yang kental nasionalisme, yaitu Empat Pilar MPR RI. Bekerja sama dengan MPR RI dan Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (Gerak BS), acara ini akan digelar pada Minggu, 23 Februari 2020, bertempat di Kawasan Gedung MPR RI.

"Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, serta tak kurang dari 1.100 suku bangsa, bahasa dan budaya. Mungkin sama saja dengan para biker yang motornya bisa beda merek, kubikasi, tipe dan orangnya sendiri juga berbeda karakter. Namun karena hobinya sama maka jadi bersahabat," kata Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pembina MBI, yang juga merupakan Ketua MPR RI dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/02/2020)

Dalam hal bernegara, pengikat persatuan hidup Berbangsa dan Bernegara adalah Empat Pilar MPR RI atau yang sering disebut juga Empat Pilar Kebangsaan. Empat Pilar itu adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Empat Pilar ini adalah soko guru atau fondasi untuk kekokohan kehidupan berbangsa Indonesia. Keempatnya telah teruji melalui sejarah panjang bangsa yang kita cintai ini," lanjut Bamsoet, sapaan Aakrab Bambang Soesatyo.

Konferensi Pers Acara Empat Pilar MPR RI yang diadakan pada Minggu, 9 Februari 2020, di Mamayu Kitchen Kebayoran, Jakarta Selatan. Puluhan biker turut menghadiri acara Konferensi Pers yang mendaulat Bambang Soesatyo, Satrio Nur Rachmanto (Ketua Umum MBI), Niko Marcellino (Ketua Panitia Empat Pilar MPR RI Bikers Indonesia), Eko Cahyono (Penanggung Jawab Cerdas Cermat Bikers/Wakil Ketua Panitia Empat Pilar MPR RI Bikers Indonesia), Komjen Pol. (Pur) Drs. H. Nanan Sukarna (Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia/Penasihat Ketua MPR RI), Tito Sulistio (Staf Khusus Ketua MPR RI), serta Aroem Hadiatie (Gerak BS), sebagai pembicara.

Lebih dari 170 klub atau komunitas motor akan hadir dalam acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari ini. "Yang unik dari acara ini adalah adanya Cerdas Cermat Bikers yang dipertandingkan antar komunitas. Jadi kami para biker ini mesti diuji lagi, masih ingat tidak pelajaran sekolah belasan atau puluhan tahun lalu?" canda Satrio Nur Rachmanto atau lebih akrab dipanggil Rio Castello, Ketua Umum MBI. 

"Tujuannya untuk mengingatkan kembali, seberapa paham dan seberapa kuat Empat Pilar menjadi bagian dalam kegiatan kita sehari-hari. Bagaimana kita menerapkannya dalam kehidupan berbangsa: dalam bersaudara dan bersilaturahmi tanpa memandang perbedaan, ketika berkendara, di lingkungan kerja, dan lain-lain."

Sebanyak 80 klub dari berbagai tipe dan kubikasi motor akan turut serta dalam Cerdas Cermat Bikers yang babak penyisihannya dimulai sejak tanggal 22 Februari 2020. "Pemenangnya akan diumumkan pada puncak acara tanggal 23 Februari 2020," jelas Niko Marcellino, Ketua Panitia Acara Empat Pilar MPR RI.

"Walaupun acara Empat Pilar MPR RI ini sangat penting, kami akan kemas dengan akrab, fun, tapi tepat sasaran," sambung Eko Cahyono, Penanggung Jawab Acara Cerdas Cermat Bikers sekaligus Wakil Ketua Panitia Acara Empat Pilar MPR RI.

Peserta Cerdas Cermat Bikers hanya berasal dari klub atau komunitas bikers, dengan masing-masing peserta harus menyiapkan 10 orang anggota yang ditunjuk khusus. Setiap klub atau komunitas itu harus pula mempersiapkan sorakan atau yell dengan nuansa kebangsaan khas klub masing-masing. Informasi mengenai Cerdas Cermat Bikers dapat diperoleh dengan mengikuti instagram @motorbesarindonesia.

Pada pelaksanaan puncak acara Empat Pilar MPR RI tanggal 23 Februari 2020 nanti, kegiatan akan dimulai dengan rolling thunder. "Sekitar 200 motor dari berbagai klub akan ikut serta, dengan Bamsoet sebagai Road Captain," papar Niko.

Di lokasi acara, selain cerdas cermat bikers, pengunjung juga akan dihibur oleh  para artis di antaranya The Changcuters. Selain itu terdapat berbagai booth bazaar barang otomotif yang akan ikut meramaikan acara.

Acara masyarakat bikers ini juga akan bertaburan banyak hadiah, baik untuk pemenang Cerdas Cermat Bikers maupun door prize untuk pengunjung. Hadiah tersebut di antaranya terdapat motor besar alias moge Harley-Davidson, motor listrik GESITS, motor matic, Paket Umroh, dan lain-lain. Acara ini didukung oleh Prestige Motorcars, Anak Elang Harley-Davidson, Maktour, GESITS, The Sultan Hotel  & Residence, Viro, Warna Warni, dan Neo Akshaya.

Ini adalah kali kedua MBI mengadakan acara akbar di Rumah Rakyat, yaitu Kawasan DPR / MPR RI. Awal tahun lalu, klub yang memiliki delapan Wilayah di seluruh Indonesia ini juga mengadakan Pesta Rakyat Bikers Jakarta sekaligus Deklarasi MBI DKI Jakarta di Senayan. MBi sendiri baru berdiri pada 13 Mei 2018, dan kini telah memiliki delapan Wilayah, yakni MBI DKI Jakarta, MBI Depok, MBI Tangerang, MBI Bekasi, MBI Bandung, MBI Bali dan MBI Bogor.

"Dengan acara Empat Pilar MPR RI, harapannya kita akan semakin paham dan meghidupi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, sebagai pemersatu bikers secara khusus maupun seluruh bagian masyarakat Indonesia umumnya,” kata Tito Sulistio. “Kita hendak buktikan, bersatu itu keren!" pungkas Nanan Soekarna.

Teks : Belo Gastank . Foto: Istimewa